Tutorial NodeMCU – 1: Pertemuan Pertama

nodemcu-logosSebelumnya embeddednesia pernah mengulas tentang salah satu varian dari ESP8266 yang merupakan salah satu jenis yang paling populer, ESP-01. Bayangkan, dengan satu keping kecil, sudah mampu membuat mikrokontroler anda online. Namun meskipun begitu ESP-01 memiliki berbagai limitansi seperti jumlah port GPIO yang sedikit, hanya dua GPIO!.

Nah, dalam serial tulisan yang selanjutnya, embeddednesia akan mengulas tentang salah satu development board berbasis  modul ESP8266 varian ESP-12 yaitu NodeMCU. Apa itu NodeMCU?

Continue Reading →

Tutorial ESP8266 – 2 : Mengakses ESP-01

esp8266Ini adalah tulisan ke-dua dari seri tutorial tentang ESP8266. Kali ini, kita akan belajar bagaimana caranya mengakses ESP-01 menggunakan perintah dasar AT-Command  yang disediakan oleh Espressif si pembuat modul. Selanjutnya kita akan belajar bagaimana caranya memperbarui  firmware ESP-01 dengan versi terbaru, melalui  flashing.

Jika anda belum membaca tulisan embeddednesia sebelumnya, silahkan dibaca terlebih dahulu

  1. Tutorial ESP8266 : Pertemuan Pertama

Continue Reading →

Tutorial STM32 – 6 : Arsitektur ARM

stm1-520x190embeddednesia memang sengaja membuat pengantar tentang arsitektur prosesor ARM ini di pertengahan seri tulisan saya, meskipun di banyak literatur kita akan menjumpai tentang pembahasan arsitektur suatu perangkat  di bagian awal.  Hal ini karena embeddednesia tidak ingin terlalu membebani dengan banyak teori yang njelimet yang membuat banyak pemula patah di tengah jalan.

Kebanyakan orang, termasuk penulis,  ingin selalu cepat – cepat melakukan hands-on alias praktek langsung sebelum kemudian akhirnya tertarik untuk mempelajari lebih dalam. Maka, setelah pembaca mempraktekkan tutorial ini dan berhasil sampai menyalakan LED berkedip – kedip, maka kini saatnya embeddednesia mulai memperkenalkan  sedikit latarbelakang  tentang arsitektur ARM 32 bit yang dimiliki oleh STM32

Continue Reading →

Tutorial STM32 – 4 : Belajar GPIO (Bab Output) – Bagian 1

stm1-520x190Sebelumnya kita telah membuat program pertama hello world dengan membuat mikrokontroler  STM32F103 mengeluarkan sinyal logika 1 dan 0 pada port PC13, sehingga LED builtin  pada minimum system STM32F103C8T6  menyala berkedip – kedip.

Ibarat sebuah kota, Program hello world yang kita buat sebelumnya dalah pintu gerbang paling luar sebelum mulai masuk ke dalam kota ilmu STM32 yang rumit dan dipenuhi dengan  labirin – labirin register – register dan arsitektur Cortex M3 Maka persiapkan kopi dan banyak camilan untuk mulai perjalanan panjang kita ini. halah..

Continue Reading →

Kendali Versi ‘Source Code’ dengan Git

downloadSebelumnya saya ingin bercerita terlebih dahulu tentang pengalaman saya semasa kuliah saat terlibat dalam penelitian robotik untuk KRCI di tahun 2010.  Saat itu tim sedang mengerjakan sebuah program agar robot  dapat mengerjakan task A. Setelah sekian lama berkutat di depan komputer dan serangkaian trial and error robot berhasil menjalankan misi dari task A.

Kemudian program dikembangkan ke versi berikutnya, agar mampu mengerjakan misi yang lebih rumit dengan penambahan beberapa variabel.  Setelah beberapa jam coding, robot yang diharapkan masih belum bisa menjalankan misinya, alih – alih robot malah menjadi kacau dan error. Karena putus asa, akhirnya tim bersepakat untuk kembali ke program versi sebelumnya (task A). Sayangnya, semua anggota tim lupa membackup program versi lama tersebut, sehinga program tidak bisa dikembalikan ke versi awalnya.

Berikut sekilas cerita dari betapa rumitnya sebuah proses development sebuah program jika kita tidak memiliki sistem versioning, kita tidak bisa berpindah dari satu versi program ke versi program yang lainnya. Kita harus membackup-nya secara manual masing – masing source.

Continue Reading →

Selamat Tahun Baru 2013

Halo Sahabat BEY, Selamat Tahun Baru 2013, Semoga di tahun ini kita semua lebih bersungguh – sungguh untuk belajar, untuk berbagi ilmu.

Di tahun 2013 kami memperkenalkan situs baru yang kami kelola Java.class .  Sebuah situs yang didedikasikan untuk mahasiswa, pelajar, profesional dan penggiat yang ingin mempelajari bahasa pemrograman Java, mulai dari sintaks dasar hingga pemrograman Android yang baru – baru ini lagi nge-hit akan kita  pelajari bersama – sama. Silahkan cek ke TKP di http://java.ruangtedy.net

Continue Reading →