Platformio IDE : IDE Alternatif dalam Memprogram Mikrokontroler

platformio-logo.17fdc3bcKetika membuat dan mengupload program mikrokontroler menggunakan Arduino IDE atau platform embedded yang lain, pembaca akan merasakan beberapa kerumitan seperti memastikan semua pustaka telah terinstall pada tempat dan versi yang tepat. Hal ini membutuhkan beberapa trik khusus dan cukup menguras waktu.

Penulis yang juga berkecimpung di dalam dunia pemrograman aplikasi web pun juga merasakan perbedaan yang cukup njomplang antara pemrograman embedded dengan pemrograman aplikasi web yang kini jauh lebih mudah dari sisi tool yang digunakan.

Continue Reading →

Hello Atmel Studio !!

ladybugSetelah pada tutorial sebelumnya kita telah berkenalan dengan Atmel Studio 6 dan belajar untuk  membuat sebuah project baru. Sekarang kita akan membuat sebuah program pertama menggunakan Atmel Studio. Pogram Pertama biasa disebut Hello World!.

Saya pernah membahas bagaimana mengakses  port Output menggunakan CodeVision AVR. Anda bisa kembali melihat kembali ke postingan saya sebelumnya, berikut dengan penjelasan register – register terkait yang digunakan. Untuk masalah register-register yang digunakan, sudah barang tentu tidak akan ada perbedaan antara kedua Compiler ini, karena kita menggunakan target yang sama.

Continue Reading →

Pemrograman Mikrokontroler dengan Atmel Studio 6.2

watermarked-atmel1Terus terang sudah lama saya tidak bermain dengan mikrokontroler, namun baru – baru ini saya mulai tertarik kembali mempelajari IC yang sudah saya lama tinggal tersebut. Memprogram mikrokontroler dengan menggunakan bahasa C tidaklah sulit, terlebih jika menggunakan CodeVision AVR, ia memiliki wizard yang memudahkan orang untuk membangun sebuah program dengan cepat tanpa perlu terlalu pusing masalah register – register.

Beberapa library-pun telah didukung secara built in, sehingga untuk melakukan beberapa perintah yang sebenarnya rumit kita tinggal memanggil method-nya saja. Satu kelemahan yang dimiliki oleh CodeVision AVR adalah ia tidak gratis. Pada versi evaluasinya hanya mampu memprogram dengan size yang dibatasi, dan tidak boleh digunakan untuk tujuan komersial. Meskipun banyak sekali versi “pak tani” yang bertaburan di jagad maya. Namun saya amati beberapa tahun ini versi “pak tani” untuk CodeVision 3.x belum keluar ya? *kalo sudah keluar tolong di-share yak :mrgreen:

Continue Reading →

Belajar Pemrograman Robotik dengan MobotSim

Dunia Robotik akhir – akhir ini semakin semarak, ini ditandai dengan mulai bermunculannya kontes – kontes  robot yang diselenggarakan oleh universitas – universitas di Indonesia. Teknologi robotik memang sangat menarik untuk dipelajari karena melibatkan berbagai disiplin ilmu mulai dari elektronika, pemrograman dan bahkan mekanika.

Jika anda ingin belajar robotik, anda bisa belajar programming robot dengan simulator yang bernama MoboSim. Software ini merupakan simulator untuk robot mobile beroda dengan penggerak diferensial. Memiliki tampilan GUI 2D dimana robot dan benda – benda penghalang dapat diatur sesuai keinginan anda. Anda bisa memprogram ini dengan menggunakan bahasa BASIC yang telah disediakan dalam simulatornya

Continue Reading →

Eclipse 3.7 (Indigo) untuk Java Developer

Eclipse (@ www.eclipse.org) adalah Integrated Development Environment (IDE) yang bersifat open source dan disupport oleh  IBM. Eclipse populer untuk pengembangan aplikasi java (Java SE and Java EE) dan untuk aplikasi Android. Selain itu Eclipse juga mendukung C/C++, PHP, Python, Perl, dan web project developments lainnya dengan menggunakan plug-ins yang bisa didownload dari aplikasi Eclipsenya. Eclipse  bersifat cross platform dan berjalan di Sistem Operasi Windows, Lunix and Mac OS.

Bagaimana Menginstal Eclipse untuk Java

Step 0: Install JDK

Untuk menggunakan Eclipse untu pemrograman Java, anda pertama kali harus menginstal Java Development Kit (JDK). download JDK dan JRE disini

Step 1: Download

Download Eclipse dari situsnya  http://www.eclipse.org/downloads. Untuk pemula, pilih Eclipse IDE  for “Java” Developers (eclipse-java-indigo-win32.zip)

Step 2: Unzip

Untuk menginstal, gampang, unzip saja file yang telah anda download dan simpan dalam directory yang telah anda pilih(misal,, “d:myproject“).

Pemrograman Mikrokontroler – Bab Output

Setelah kemarin kita telah belajar membuat minimum system dan kabel downloader sekarang saatnya kita belajar programpenggunaan fungsi mikrokontroler. Perangkat lunak yang diperlukan adalah

  1. Codevision AVR,
  2. PROTEUS ISIS untuk simulasi

Sebelummya, kita memerlukan sebuah indikator berupa LED yang bisa dihubungkan dengan PORT I/O mikrokontroler, sehingga kita dapat mengetahui  apakah data berhasil kita keluarkan ke PORT yang bersangkutan. Seperti contoh adalah adalah gambar berikut yang menunjukan rangkaian minimum untuk menghidupkan 8 LED melalui Port B. yang perlu diperhatikan adalah konfigurasi rangkaian LED yaitu Common Anode (CA) atau Anoda bersama yang artinya 8 Anoda LED dihubungkan jadi satu lalu dihubungkan dengan 5 V, sehingga untuk menghidupkan LED pada Port B, port B harus dikirim atau diberi logika ‘0’  Continue Reading →

PDA Robotics

Buku ini merupakan panduan yang mudah dibaca dan memberikan petunjuk untuk  mengintegrasikan Personal Digital Assistant dan robot menjadi satu kesatuan, dengan  remote control.

Buku ini membahas konsep dan desain yang inovatif, menunjukkan bagaimana cara membuat PDA dapat berkomunikasi dengan robot dan mengendalikannya, membuat sambungan nirkabel antara PDA dan robot,  dengan biaya yang relatif rendah, standar, dan komponen yang mudah didapat.

Selain itu anda juga dapat belajar tentang special software, control circuits, and ide antarmuka.

Untuk mengunduh file e-book tersebut silahkan klik
[ Anda tidak bisa melihat link download, password dsb, karena bagian ini diperuntukan bagi member silahkanLogin atau daftarkan diri anda terlebih dahulu. GRATIS ] 🙂

Simulasi Menggunakan Proteus ISIS

Dalam percobaan dalam mikrokontroler kadang jika program yang kita buat mengalami kegagalan (tidak bekerja sesuai yang kita inginkan) maka akan terdapat dua kemungkinan masalah

1.      Hardware yang tidak berfungsi, atau

2.      Program yang anda buat salah

3.      Perpaduan keduanya

Nah, untuk mengatasi tersebut, kita harus melokalisir manakah yang salah dari sistem mikrokontroler kita apakah program?ataukah hardware yang tidak bekerja. Karena itulah sebelum kita mendownload program kedalam mikrokontroler maka alangkah baiknya kita simulasikan terlebih dahulu.

Continue Reading →

Bagaimana Memulai CodeVisionAVR?

CodeVisionAVR(CVAVR) adalah compiler untuk bahasa pemrograman C yang nantinya digunakan untuk memprogram mikrokontroler. CVAVR adalah software yang sangat serbaguna yang menawarkan “High Performance ANSI C Compiler”, Integrated Development Environment, Automatic Program Generator dan In- System Programmer untuk keluarga mikrokontroler AVR ATMEL family. Setelah menginstal dan mensetting CVAVR, tampilan khusus program akan seperti berikut :

Continue Reading →