Instalasi Robot Operating System (Kinetic Kame di Ubuntu 16.04 LTS )

20161005114818422 (1)ROS berjalan di sistem operasi linux, Ubuntu adalah salah satu distro linux yang didukung (ada beberapa distro dan sistem operasi yang lain yang didukung secara eksperimental) Sehingga dalam tutorial  ini saya akan menggunakan Ubuntu 16.04 LTS, dan ROS versi Kinetic Kame.

Ada beberapa alternatif untuk menginstall OS Ubuntu.

Continue Reading →

Pengenalan Robot Operating System

ros_equation

1. Mencegah Reiventing The Wheel

Pengalaman saya  terlibat dalam penelitian robotik semasa kuliah, saya sering berpikir dan merasa agak aneh mengapa perkembangan robotik di indonesia sedemikian lambatnya, jika dibandingkan negara – negara lain. Padahal banyak kontes robotik di tiap tahunnya yang diadakan oleh banyak universitas dan perguruan tinggi.

Mungkin salah satu alasannya adalah dikarenakan kontes – kontes tersebut hanya dijadikan ajang untuk saling berebut keunggulan, tanpa adanya kemampuan masing – masing peserta dan perguruan tinggi untuk saling belajar dan berbagi hasil penelitiannya kepada yang lain. Masing – masing peserta dari lembaga penelitian dan juga perguruan-perguruan tinggi melihat perguruan tinggi tetangganya adalah ‘musuh’ yang harus dikalahkan. Sehingga serapat mungkin rahasia riset suatu perguruan tinggi dijaga ketat agar tidak diketahui oleh perguruan tinggi yang lain. Maka yang terjadi bukannya percepatan penelitian, namun reiventing the whell.

Continue Reading →

H- Bridge (Bagian 2)

Oke, saya lanjutkan tulisan ini. Jadi yang belum membaca tulisan saya sebelumnya silahkan baca di sini

Jadi untuk mengoperasikan sebuah MOSFET, anda harus menerapkan tegangan dari mikrokontroler pada gate. Sehingga arus elektron dapat melewati dua kaki yang lain, menghubungkan motor (M) dalam jalur dengan satu kakinya, sehingga robot anda bisa bergerak. Pada skematik di tulisan saya sebelumnya, kita telah menandai A dan B. Itu adalah dua jalur kendali yang kita bisa terapkan tegangan logic padanya. Karena mempunya dua kaki dan hanya mengenali tegangan biner 1 dan 0 . Maka akan ada empat hal yang mungkin terjadi

A=0 B=0 : Tidak terjadi apa – apa, motor mati
A=1 B=0 : Motor berputar searah jarum jam
A=0 B=1 : Motor berputar berlawanan arah jarum jam
A=1 B=1 : Rangkaian akan memercikan bunga api

Berikut adalah penjelasan dari diagram logika H- bridge:

H-Bridge A

Continue Reading →

H Bridge (Bagian 1)

H-Bridge adalah penghubung antara rangkaian digital dan aksi mekanis. Komputer (Bisa jadi mikrokontroler) mengirim perintah biner, untuk menjalankan sebuah aktuator berdaya tinggi. Sering H Bridge digunakan untuk mengendalikan arah rotasi dari motor DC. Dan jika anda tidak ingin membeli motor driver berharga mahal, maka anda membutuhkan H-Bridge untuk mengendalikan robot dengan sebuah motornya

Continue Reading →

Belajar Pemrograman Robotik dengan MobotSim

Dunia Robotik akhir – akhir ini semakin semarak, ini ditandai dengan mulai bermunculannya kontes – kontes  robot yang diselenggarakan oleh universitas – universitas di Indonesia. Teknologi robotik memang sangat menarik untuk dipelajari karena melibatkan berbagai disiplin ilmu mulai dari elektronika, pemrograman dan bahkan mekanika.

Jika anda ingin belajar robotik, anda bisa belajar programming robot dengan simulator yang bernama MoboSim. Software ini merupakan simulator untuk robot mobile beroda dengan penggerak diferensial. Memiliki tampilan GUI 2D dimana robot dan benda – benda penghalang dapat diatur sesuai keinginan anda. Anda bisa memprogram ini dengan menggunakan bahasa BASIC yang telah disediakan dalam simulatornya

Continue Reading →

PDA Robotics

Buku ini merupakan panduan yang mudah dibaca dan memberikan petunjuk untuk  mengintegrasikan Personal Digital Assistant dan robot menjadi satu kesatuan, dengan  remote control.

Buku ini membahas konsep dan desain yang inovatif, menunjukkan bagaimana cara membuat PDA dapat berkomunikasi dengan robot dan mengendalikannya, membuat sambungan nirkabel antara PDA dan robot,  dengan biaya yang relatif rendah, standar, dan komponen yang mudah didapat.

Selain itu anda juga dapat belajar tentang special software, control circuits, and ide antarmuka.

Untuk mengunduh file e-book tersebut silahkan klik
[ Anda tidak bisa melihat link download, password dsb, karena bagian ini diperuntukan bagi member silahkanLogin atau daftarkan diri anda terlebih dahulu. GRATIS ] 🙂

Sistem Kendali Robot – Bagian 1

Pada tulisan kali ini, saya akan membahas sistem kendali sederhana yang biasa digunakan dalam robot. Bagi yang ngga ngerti dibaca – baca aja, buat wawasan saja 🙂

Sistem kontrol robotik pada dasarnya terbagi dua kelompok, yaitu sistem kontrol loop terbuka (open loop) dan loop tertutup (close loop).

Diagram kontrol loop terbuka pada sistem robot dapat dinyatakan sebagai berikut

image001

 

Continue Reading →

Kontes Robot Indonesia 2011 (KRI-KRCI-KRSI)

Kontes Robot Indonesia 2011 ini adalah ajang tahunan kompetisi robot di indonesia untuk para kalangan mahasiswa khusus di bidang teknologi, Kontes ini juga di adopsi dari kontes robot internasinal.Untuk kategori kontes yaitu sebagai berikut:

1.Kontes Robot Indonesia (KRI)
Kontes Robot Indonesia (KRI)2011 Sepenuhnya mengadopsi rule ABU Robocon 2011 yang di adakan di Bangkok dengan Tema Loy Krathong, Lighting Happiness with Friendship, yaitu untuk kontes Internasional Asia-Pasific.

Continue Reading →