[Tips STM32] : Memprogram STM32 dengan Arduino IDE

stm1-520x190Dalam tulisan kali ini embeddednesia akan mengulas tentang bagaimana memprogram mikrokontroler STM32 menggunakan Arduino IDE. embeddednesia sengaja memasukkan tulisan tulisan ini ke dalam Tips bukan sebagai seri tutorial STM32. Dikarenakan tulisan ini lebih bersifat sebagai informasi bagi mereka yang penasaran untuk memprogram mikrokontroler STM32 dengan menggunakan Arduino IDE

Cara ini tidak disarankan penulis bagi mereka yang ingin menguasai dasar – dasar ilmu mikrokontroler 32 bit,  karena Arduino tidak cocok untuk mereka yang benar – benar ingin belajar mikrokontroler. Arduino memungkinkan developer terlalu terlena dengan bahasa aras atas yang ditawarkan sehingga tidak mempelajari inti dari pemrograman embedded sesungguhnya, pengenalan register – register yang terlibat.

Continue Reading →

Platformio IDE : IDE Alternatif dalam Memprogram Mikrokontroler

platformio-logo.17fdc3bcKetika membuat dan mengupload program mikrokontroler menggunakan Arduino IDE atau platform embedded yang lain, pembaca akan merasakan beberapa kerumitan seperti memastikan semua pustaka telah terinstall pada tempat dan versi yang tepat. Hal ini membutuhkan beberapa trik khusus dan cukup menguras waktu.

Penulis yang juga berkecimpung di dalam dunia pemrograman aplikasi web pun juga merasakan perbedaan yang cukup njomplang antara pemrograman embedded dengan pemrograman aplikasi web yang kini jauh lebih mudah dari sisi tool yang digunakan.

Continue Reading →

GNU Octave, Matlab Versi Open Source

logoDalam beberapa mata kuliah di berbagai fakultas teknik, sering kita menggunakan  menggunakan software satu ini untuk keperluan simulasi dan mempelajari sebuah algoritma komputasi numerik.

Ya, Matlab (Matrix Laboratory) yang dikembangkan oleh MathWorks merupakan sebuah environment yang digunakan untuk komputasi numerik. Memungkinkan kita melakukan manipulasi matriks, pem-plot-an fungsi dan data, implementasi algoritma, pembuatan antarmuka pengguna, dan peng-antarmuka-an dengan program dalam bahasa pmerograman yang lain.

Continue Reading →

Pemrograman Mikrokontroler dengan Atmel Studio 6.2

watermarked-atmel1Terus terang sudah lama saya tidak bermain dengan mikrokontroler, namun baru – baru ini saya mulai tertarik kembali mempelajari IC yang sudah saya lama tinggal tersebut. Memprogram mikrokontroler dengan menggunakan bahasa C tidaklah sulit, terlebih jika menggunakan CodeVision AVR, ia memiliki wizard yang memudahkan orang untuk membangun sebuah program dengan cepat tanpa perlu terlalu pusing masalah register – register.

Beberapa library-pun telah didukung secara built in, sehingga untuk melakukan beberapa perintah yang sebenarnya rumit kita tinggal memanggil method-nya saja. Satu kelemahan yang dimiliki oleh CodeVision AVR adalah ia tidak gratis. Pada versi evaluasinya hanya mampu memprogram dengan size yang dibatasi, dan tidak boleh digunakan untuk tujuan komersial. Meskipun banyak sekali versi “pak tani” yang bertaburan di jagad maya. Namun saya amati beberapa tahun ini versi “pak tani” untuk CodeVision 3.x belum keluar ya? *kalo sudah keluar tolong di-share yak :mrgreen:

Continue Reading →

Membuat Remote Repository di Github

downloadTulisan ini adalah sambungan dari posting saya sebelumnya tentang bagaimana membuat repository lokal dengan Git. Saya asumsikan anda telah membaca dan memahami  tulisan saya terdahulu, jika belum silahkan menengok tulisan saya tersebut.

Saya telah menjanjikan untuk sharing  bagaimana membuat remote repository menggunakan Github.

Oke, Apa sih Github itu?

Github adalah sebuah situs yang menyediakan layanan hosting remote repository (dengan menggunakan Git)  sehingga anggota tim bisa saling berkerjasama dalam membangun sebuah program dengan mudah. Cukup push untuk men-submit dan fetch untuk “mengunduh” pemutakhiran. Github menawarkan paket gratis untuk Project Open Source dan juga komersial.

Continue Reading →

Kendali Versi ‘Source Code’ dengan Git

downloadSebelumnya saya ingin bercerita terlebih dahulu tentang pengalaman saya semasa kuliah saat terlibat dalam penelitian robotik untuk KRCI di tahun 2010.  Saat itu tim sedang mengerjakan sebuah program agar robot  dapat mengerjakan task A. Setelah sekian lama berkutat di depan komputer dan serangkaian trial and error robot berhasil menjalankan misi dari task A.

Kemudian program dikembangkan ke versi berikutnya, agar mampu mengerjakan misi yang lebih rumit dengan penambahan beberapa variabel.  Setelah beberapa jam coding, robot yang diharapkan masih belum bisa menjalankan misinya, alih – alih robot malah menjadi kacau dan error. Karena putus asa, akhirnya tim bersepakat untuk kembali ke program versi sebelumnya (task A). Sayangnya, semua anggota tim lupa membackup program versi lama tersebut, sehinga program tidak bisa dikembalikan ke versi awalnya.

Berikut sekilas cerita dari betapa rumitnya sebuah proses development sebuah program jika kita tidak memiliki sistem versioning, kita tidak bisa berpindah dari satu versi program ke versi program yang lainnya. Kita harus membackup-nya secara manual masing – masing source.

Continue Reading →

Eagle Viewer for Android!

Tentu anda sudah tidak asing dong, dengan aplikasi Eagle yang digunakan untuk membuat skematik dan PCB, saya jaman kuliah dulu menggunakannya, fitur yang saya ingat adalah autoroute-nya sehingga kita tidak perlu susah – susah membuat desain pcb-nya ketika skematiknya jadi. Namun saya lebih memilih membuatnya secara manual, karena berbagai alasan.

Continue Reading →

PartSim: Simulator Rangkaian Online Gratis

Aspen Labs, LLC Memperkenal  PartSim: Simulator Circuit Online

Simulator Rangkaian Elektronika Online berbasis Web ini memungkinkan kita untuk merancang, membagi dan melakukan pembelian komponen  ke Digi-Key’s extensive catalog

Boise, ID 3 Oktober 2012 – Aspen Labs, LLC, Sebuah perusahaan yang bergerak di media bisnis bidang industri teknik elektro dan listrik, mengumumkan peluncuran PartSim(http://www.partsim.com) – Simulator rangkaian elektronika online yang menargetkan para peggiat dan insinyur profesional elektronika dan listrik.

Continue Reading →

Belajar Pemrograman Robotik dengan MobotSim

Dunia Robotik akhir – akhir ini semakin semarak, ini ditandai dengan mulai bermunculannya kontes – kontes  robot yang diselenggarakan oleh universitas – universitas di Indonesia. Teknologi robotik memang sangat menarik untuk dipelajari karena melibatkan berbagai disiplin ilmu mulai dari elektronika, pemrograman dan bahkan mekanika.

Jika anda ingin belajar robotik, anda bisa belajar programming robot dengan simulator yang bernama MoboSim. Software ini merupakan simulator untuk robot mobile beroda dengan penggerak diferensial. Memiliki tampilan GUI 2D dimana robot dan benda – benda penghalang dapat diatur sesuai keinginan anda. Anda bisa memprogram ini dengan menggunakan bahasa BASIC yang telah disediakan dalam simulatornya

Continue Reading →