Wemos D1, Board ESP8266 Yang Kompatible dengan Arduino

images (1)ESP8266 benar – benar sedang booming. Hal ini terbukti dengan banyaknya modul development board untuk SoC yang berintikan Tensilica Xtensa Diamond Standard yang berjalan pada frekuensi clock 80 MHz ini. Kali ini embeddednesia akan membahas mengenai satu lagi board berbasis ESP8266 yang bisa digunakan sebagai alternatif untuk sobat embeddednesia mengembangkan perangkat IOT. Dia adalah Wemos D1

Continue Reading →

Platformio IDE : IDE Alternatif dalam Memprogram Mikrokontroler

platformio-logo.17fdc3bcKetika membuat dan mengupload program mikrokontroler menggunakan Arduino IDE atau platform embedded yang lain, pembaca akan merasakan beberapa kerumitan seperti memastikan semua pustaka telah terinstall pada tempat dan versi yang tepat. Hal ini membutuhkan beberapa trik khusus dan cukup menguras waktu.

Penulis yang juga berkecimpung di dalam dunia pemrograman aplikasi web pun juga merasakan perbedaan yang cukup njomplang antara pemrograman embedded dengan pemrograman aplikasi web yang kini jauh lebih mudah dari sisi tool yang digunakan.

Continue Reading →

Tutorial NodeMCU – 1: Pertemuan Pertama

nodemcu-logosSebelumnya embeddednesia pernah mengulas tentang salah satu varian dari ESP8266 yang merupakan salah satu jenis yang paling populer, ESP-01. Bayangkan, dengan satu keping kecil, sudah mampu membuat mikrokontroler anda online. Namun meskipun begitu ESP-01 memiliki berbagai limitansi seperti jumlah port GPIO yang sedikit, hanya dua GPIO!.

Nah, dalam serial tulisan yang selanjutnya, embeddednesia akan mengulas tentang salah satu development board berbasis  modul ESP8266 varian ESP-12 yaitu NodeMCU. Apa itu NodeMCU?

Continue Reading →

Tutorial ESP8266 – 4: Memprogram ESP-01 menggunakan Arduino IDE

esp8266Salah satu yang menjadi kunci dari kepopuleran dari ESP8266 adalah sifatnya yang open source, sehingga tak lama setelah dirilis,  terbentuklah komunitas mulai dari teknisi, hobbyist mulai mengembangkan beragam cara untuk mengopreknya. hingga kemudian komunitas ESP8266 membuat addon untuk memprogram ESP8266 menggunakan Arduino IDE.

Continue Reading →

Tutorial ESP8266 – 3: Menghubungkan ESP-01 ke Jaringan WIFI

esp8266Secara default, ketika anda membeli ESP-01,  pabrikan pembuatnya telah memberikan firmware preloaded yang memungkinkan kita mengakses ESP-01 via AT-Command, yang cukup mudah untuk dipelajari seperti bagaimana terhubung dengan jaringan WiFi, hingga bagaimana menjadkan ESP-01 sebagai webserver sehingga bisa diakses melalui via klien browser

Continue Reading →

Tutorial ESP8266 – 2 : Mengakses ESP-01

esp8266Ini adalah tulisan ke-dua dari seri tutorial tentang ESP8266. Kali ini, kita akan belajar bagaimana caranya mengakses ESP-01 menggunakan perintah dasar AT-Command  yang disediakan oleh Espressif si pembuat modul. Selanjutnya kita akan belajar bagaimana caranya memperbarui  firmware ESP-01 dengan versi terbaru, melalui  flashing.

Jika anda belum membaca tulisan embeddednesia sebelumnya, silahkan dibaca terlebih dahulu

  1. Tutorial ESP8266 : Pertemuan Pertama

Continue Reading →

Tutorial ESP8266 (ESP-01): Pertemuan Pertama

esp8266Pada tulisan sebelumnya, embeddednesia pernah membahas mengenai bagaimana caranya menghubungkan Arduino dengan Jaringan Internet/Wifi Lokal menggunakan shield Arduino berbasis ESP8266. Nah,  dalam kesempatan kali ini, embeddednesia akan membahas mengenai apa sih  ESP8266 itu, dan bagaimana menggunakan modul ESP8266 yang paling murah yaitu ESP-01.

Continue Reading →