Menurunkan Tegangan Dengan Regulator Tegangan

0 112

lm7805-7508-positive-voltage-regulator-ic-5v-1a-set-of-5-adraxx-original-imaery3xvcv2szjhDari sekian tahun embeddednesia mengulas berbagai topik dalam dunia elektronika embedded rupanya ada beberapa topik pencarian yang selalu muncul tiap hari, yaitu bagaimana menurunkan tegangan sekian volt menjadi sekian volt.  Teknikalnya adalah bagaimana membakar tegangan berlebih dengan menggunakan rangkaian pembagi tegangan, namun biasanya ada yang langsung menggunakan regulator tegangan untuk menurunkan tegangan masukan ke voltase yang diinginkan.

Regulator tegangan adalah salah satu komponen yang paling banyak digunakan di rangkaian elektronik di berbagai perangkat. Tegangan teregulasi (tanpa fluktuasi dan derau) adalah sangat penting agar perangkat elektronik digital berfungsi tanpa mengalami banyak gangguan.

Hal yang umum ditemui pada mikrokontroler, dimana tegangan masukan yang telah teregulasi harus dicatu sehigga mikrokontroler juga bisa berfungsi tanpa masalah. Contoh dari komponen regulator yang populer digunakan di pasar adalah IC 7805 yang meregulasi tegangan keluaran pada 5volt.

Sekarang  apa itu IC regulator tegangan? IC Regulator tegangan, sebagaimana namanya, adalah rangkaian terintegrasi (Integrated Circuit) yang memiliki fungsi dasar untuk meregulasi tegangan masukan yang tidak teregulasi (tegangan yang naik turun pada rentang tertentu) sehingga menghasilkan keluaran tegangan yang stabil tetap.

Regulator tegangan berbasis IC biasanya diklasifikasikan menjadi dua jenis besar, yaitu regulator tegangan linear dan regulator tegangan switching. Regulator tegangan linier terdiri dari dua jenis yaitu

  1. Fixed voltage regulator, regulator yang memiliki tegangan keluaran tetap
  2. Adjustable voltage regulator, regulator yang memiliki tegangan yang bisa divariasikan

Fixed Voltage Regulator

Sebagaimana telah dijelaskan, regulator jenis ini memiliki tegangan keluaran yang tetap. Salah satu yang paling populer adalah IC 7805 yang memberikan tegangan keluaran tetap 5 volt. Regulator jenis ini bisa memiliki tegangan negatif atau positif. Semua IC dengan seri 78XX memiliki tegangan keluaran tetap positif. Dimana XX biasanya menunjuk kepada tegangan keluaran yang disediakan, misalkan 7806 untuk tegangan 6Volt. 7809 untuk tegangan 9 volt. Untuk lebih jelasnya mengenai spesifikasi masing – masing seri, silahkan membaca datasheetnya.

Regulator dengan tegangan yang bernilai negatif, secara rancangan konstruksi dan operasi sama dengan regulator tegangan positif, perbedaanya hanya pada polaritas dari tegangan keluaran. Dimana IC-nya dirancang untuk menyediakan tegangan negatif, misalkan IC jenis 7905, 7906 dan semua IC yang memiliki seri 79XX

Adjustable Voltage Regulator

Adjustable-Voltage-Regulator-using-LM3171

Adjustable voltage regulator adalah jenis regulator yang meregulasi tegangan keluarannya ke rentang tegangan yang bervariasi. Ada dua macam regulator jenis ini,  positive adjustable dan negative adjustable. LM317 adalah contoh klasik dari regulator tegangan jenis positive adjustable yang memiliki tegangan yang bervariasi pada 1.2 volt hingga 57 volt. Sedangkan LM337 adalah contoh dari regulator jenis negative adjustable, yang merupakan kebalikan dari LM317

%d blogger menyukai ini: