Tutorial Elektronika Embedded dan Pemrograman Sampai Mahir

Konsep Dasar Citra Digital pada Computer Vision

0 42

Citra digital tersusun dari kisi – kisi piksel dua dimensi. Piksel adalah unsur dasar penyusun sebuah citra digital. Semua citra yang tertampil pada layar monitor komputer, televisi, kertas,  merupakan kumpulan rapat piksel – piksel yang tertata dalam bentuk kisi – kisi dua dimensi, baris dan kolom.

Setiap piksel tunggal berisi sebuah informasi, dan jumlah total informasi dari seluruh piksel akan memberi keseluruhan informasi terhadap citra digital. Dalam citra digital grayscale, (atau sering disebut orang awam, sebagai gambar hitam – putih), beberapa Pixel ada yang gelap, ada yang terang, dengan gradiasi yang beragam, disebut sebagai Intensitas Piksel (Pixel Intesities)

Dalam dunia pengolahan citra terdapat istilah color space, dan color depth, yang biasa digunakan untuk menjelaskan tipe data.

Tipe data yang paling umum dan paling sederhana untuk merepresentasikan sebuah citra adalah data 8 bit untuk tiap pikselnya. Ini berarti setiap satu pixel memiliki nilai 0 sampai dengan 255. 0 berarti hitam, dan 255 berarti putih.

Misalkan terdapat gambar analog grayscale berikut, ketika disajikan medium digital, gambar tersebut akan menjadi sekumpulan matriks piksel dengan nilai dari 0 hingga 255. 

Contoh Grayscale image. (Courtesy http://hosting.soonet.ca/eliris/remotesensing/)

Lalu bagaimana dengan gambar berwarna? Pada citra yang memiliki warna direpresentasikan dengan  tiga kanal warna (color channel), kanal R (red), kanal G (green), dan kanal B (blue), sebagaimana diilustrasikan pada gambar

Konsep dasar piksel pada pengolahan citra digital  ini yang kemudian membawa kita pada Matriks, dimana dalam OpenCV akan direpresentasikan oleh class Matyang akan dibahas pada sesi berikutnya

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: