Tutorial Elektronika Embedded dan Pemrograman Sampai Mahir

Berikut Daftar Platform Yang Berguna Untuk Membangun Project IoT (Bagian 1)

0 49

Internet of things kini menjadi industri yang paling cepat tumbuh. Sudah banyak  perangkat di sekitar manusia  sudah terhubung dengan internet, mulai dari rumah pintar, mobil pintar, hingga wearable gadget dan seterusnya.

Platform IoT menawarkan beberapa layanan yang mempermudah pengembangan project dan mengatur perkakas untuk secara jarak jauh mengelola perangkat. Singkat kata, platform IoT adalah teknologi multi layer yang memungkinkan pengguna untuk mengelola perangkat – perangkat yang terhubung, sementara secara bersamaan menangani masalah skalabilitas hingga keamanan perangkat.

platform IoT memainkan peran penting dalam arsitektur IoT. Dimana ketika seorang developer membangun sebuah project IoT atau sistem yang berbasis sensor dan perangkat yang mengirimkan data ke platform cloud. Platform ini akan menyimpan data dan menggunakannya untuk membentuk sebuah grafik.

embeddednesia mendaftar beberapa platform IoT secara acak. Dimana beberapa platform dapat digunakan secara gratis, meskipun beberapa yang lain memerlukan akses premium untuk bisa menggunakan fitur  – fitur yang lebih lengkap.

Platform Temboo menyediakan layanan untuk mengintegrasikan Arduino, Raspberry Pi dan platform lain dengan berbagai layanan internet (seperti SMS, email dan lain sebagainya). Platform ini menggunakan choreos yang merupakan konektor yang menghubungkan layanan luar, sehingga semua event di arduino, seperti sinyal sensor bisa diubah menjadi event yang berbeda. Selain itu temboo menyediakan beberapa logika seperti percabangan IF – THEN. Selain itu, Temboo juga mendukung aplikasi M2M (machine to machine) menggunakan MQTT, CoAP, dan juga protokol HTTP. Fitur utama yang disediakan Temboo antara lain adalah

  • Code Generation: Platform menghasilkan program yang telah dioptimasi untuk beberapa perangkat menggunakan beberapa bahasa pemrograman yang berbeda seperti Java, C/C++, Python dan lain – lain
  • Interoperability: tembo menyediakan sekumpulan layanan choreos yang menyederhanakan proses integrasi degan layanan cloud yang lain
  • Data: Temboo menyimpan dan menvisualisasikan berbagai jenis data

Saat artikel ini dibuat, untuk menggunakan Temboo, pengguna harus terlebih dahulu mendaftar sebagai waitinglist.





Ubidots adalah platform IoT menarik lainnya yang menyediakan beragam layanan. Pertama, ia mendukung beberapa perangkat seperti Arduino, Raspberry Pi, Particle, Espressif, Onion dan banyak lagi. Selain itu, ada beberapa jenis layanan yang berbeda dari konektivitas perangkah hingga visualisasi data. Beberapa fitur yang dimiliki oleh Ubudots antara lain adalah sebagai berikut :

  • SDK/API : Ubidots menyediakan SDK untuk perangkat yang berbeda – beda yang memudahkan proses integrasi perangkat dengan platform.  Selain itu juga ada API yang bisa dipanggil untuk berinteraksi dengan platform
  • Mendukung protokol MQTT dan HTTP
  • Synthetic Variabel yang bisa menerapkan formula matematika pada data
  • Penyimpanan data
  • visualisasi data

Berikut Video yang menujukan beberapa fitur dari Ubidots

Ada dua jenis akun yang disediakan oleh Ubidots, akun untuk industri yang berbayar (dengan trial selama 30 hari) atau akun untuk edukasi (Ubidots for Education). Untuk keperluan pembelajaran, pembaca dapat mencoba Ubidots for Education dengan mendaftar di sini.





myDevices Cayenne adalah platform IoT yang memiliki sekumpulan fitur yang kaya. Inti dari platform ini adalah visualisasi data.  Fitur drag-and-drop memungkinkan pengguna untuk membuat dashboard untuk memvisualisasikan data yang datang dari perangkat remote yang terhubung. Ada juga widget untuk menampilkan informasi. Platform ini mendukung beberapa perangkat seperti Arduino dan juga Raspberry Pi, Selain itu myDevices Cayenee juga membuka beberapa API untuk integrasi layanan yang mendukung protokol MQTT.

Terdapat dua bagian utama dari platform myDevices Cayenne

  • Aplikasi mobile yang mengendalikan perangkat secara remote
  • Dashboard

Video berikut menujukkan overview dari MyDevices Cayenne

Untuk memiliki akun  myDevices pembaca bisa mendaftar di https://mydevices.com/. secara gratis

 

ThingSpeak adalah platform IoT terbuka yang mendukung Matlab. Inti dari platform ini adalah IoT analytics dan visualisasi data.  Menyediakan visualisasi data secara realt – time dan dengan dukungan matlab, memungkinkan untuk menambahkan data untuk keperluan analisis dan pemrosesan

berapa fitur utama yang dimiliki oleh ThingSpeak adalah sebagai berikut

  • Visualisasi data sensor secara realtime
  • Agregasi data dari penyedia pihak ketiga
  • task  IoT analytics terjadwal  guna menganalisis data
  • Event Scheduling
  • Menjalankan aksi berdasarkan data yang diterima

Platform ini mendukung beberapa perangkat misalnya Arduino, Raspberry Pi, hingga ESP.  Pembaca bisa mengunjungi situsnya di ThingSpeak.com untuk mendapatkan akun dan mulai membangun project.

(Bersambung)

.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: