Advertisement

Pemrograman Mikrokontroler dengan Atmel Studio 6.2

0 4.965

Terus terang sudah lama saya tidak bermain dengan mikrokontroler, namun baru – baru ini saya mulai tertarik kembali mempelajari IC yang sudah saya lama tinggal tersebut. Memprogram mikrokontroler dengan menggunakan bahasa C tidaklah sulit, terlebih jika menggunakan CodeVision AVR, ia memiliki wizard yang memudahkan orang untuk membangun sebuah program dengan cepat tanpa perlu terlalu pusing masalah register – register.

Beberapa library-pun telah didukung secara built in, sehingga untuk melakukan beberapa perintah yang sebenarnya rumit kita tinggal memanggil method-nya saja. Satu kelemahan yang dimiliki oleh CodeVision AVR adalah ia tidak gratis. Pada versi evaluasinya hanya mampu memprogram dengan size yang dibatasi, dan tidak boleh digunakan untuk tujuan komersial. Meskipun banyak sekali versi “pak tani” yang bertaburan di jagad maya. Namun saya amati beberapa tahun ini versi “pak tani” untuk CodeVision 3.x belum keluar ya? *kalo sudah keluar tolong di-share yak :mrgreen:

Dalam posting kali ini saya akan memperkenalkan alternatif yang bisa digunakan selain CodeVision AVR. Ia adalah Atmel Studio 6.2,  Sebuah IDE milik Atmel yang sebenarnya berbasis Visual Studio, Atmel Studio 6 menggantikan AVR Studio 5.  Atmel sengaja memberi nama Atmel Studio 6 (bukan AVR Studio 5)  karena Atmel Studio 6, telah mendukung dua arsitektur core mikrokontroler ARM dan AVR. Yang terpenting dan paling menyenangkan adalah, Atmel Studio bersifat 100% Gratis, anda bisa mendowloadnya di sini.

Setelah anda mendownload dan menginstalnya, kita akan belajar bagaimana membuat sebuah proyek baru menggunakan Atmel Studio. Tidak sulit, hanya diperlukan sedikit pembiasaan, dan tidak ada wizard lagi.
  • Buka Atmel Studio 6.2  Start → All Programs → Atmel → Atmel Studio 6.2
  • Setelah Atmel Studio terbuka, anda akan melihat Halaman start seperti tampilan berikut. Klik saja “New Project…“.

watermarked-atmel2





  • Kemudian di kotak dialog berikutnya, pada ‘Installed Templates’, pilih C/C++, dan pilih  GCC C Executable Project.

watermarked-atmel3

  • Beri Nama Project yang akan dibuat, misalkan HelloAtmelStudio, dan pilih lokasi hardisk lokasi dimana kita akan menyimpan project tersebut. Centang Create directory for solution.
  • Kemudian klik button OK
  • Sekarang, pada kotak dialog  Device Selection . Anda bisa melihat bahwa  Atmel Studio mendukung semua jenis mikrokontroler AVR dan prosesor ARM. Daftarnya sangat panjang sekali. Oke, saya hanya akan memilih ATMega16. lalu  klik OK

watermarked-atmel4

  • Sekarang, Atmel Studio akan membuat sebuah project seperti tampilan berikut. Perhatikan bahwa struktur program dasar telah dibuatkan oleh atmel studio, kita tingga menginisialisasi variabel, dan menaruh program kita didalam superloop while(1)
    watermarked-atmel5

Oke, selamat, kini anda telah berhasil membuat project baru dengan Atmel Studio 6.2, mengenai bagaimana kita membuat program pertama kita, akan dijelaskan dalam sesi tulisan saya berikutnya 😉

Update 08/01/2019 : Semenjak 2016, Atmel telah diakuisisi oleh Microchip. Sehingga, versi terbaru dari Atmel Studio  (Atmel Studio 7) telah berubah alamat pengunduhan  pada situs Microchip di tautan berikut
Pembaca juga dapat  membangun project C/C++ untuk Mikrokontroler 8 bit menggunakan Eclipse IDE yang dibahas pada tulisan berjudul Belajar Mikrokontroler AVR Tanpa Arduino 

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar anda diproses.

%d blogger menyukai ini: