Platformio IDE : IDE Alternatif dalam Memprogram Mikrokontroler

platformio-logo.17fdc3bcKetika membuat dan mengupload program mikrokontroler menggunakan Arduino IDE atau platform embedded yang lain, pembaca akan merasakan beberapa kerumitan seperti memastikan semua pustaka telah terinstall pada tempat dan versi yang tepat. Hal ini membutuhkan beberapa trik khusus dan cukup menguras waktu.

Penulis yang juga berkecimpung di dalam dunia pemrograman aplikasi web pun juga merasakan perbedaan yang cukup njomplang antara pemrograman embedded dengan pemrograman aplikasi web yang kini jauh lebih mudah dari sisi tool yang digunakan.

Memang tim Arduino  yang bekerja dibalik Arduino IDE telah bekerja cukup baik menjadikannya tool  yang bersifat free dan open source yang lebih memudahkan dalam pemrograman, khususnya untuk framework Arduino.  Meskipun sekarang, kini pemrograman ESP8266, NodeMCU juga STM32 dapat dilakukan via Arduino IDE.

Dalam tulisan ini, penulis ingin mengulas satu alternatif baru dalam memprogram mikrokontroler yaitu  Platformio, IDE  yang juga bersifat opensource, dan juga gratis, untuk pengembangan aplikasi IoT. Mendukung, platform Atmel AVR dan SAM, Espressif, Freescale Kinetics, Nordic nRF51, LPC, Silicon Labs EFM32, ST STM32, TI MSP439 dan Tiva, Teensy, Arduino, mbed, libOpenCM3 dan lain sebagainya.

Platformio sebenarnya adalah aplikasi console yang bisa diintegrasikan dengan IDE favorit atau text editor seperti Arduino IDE, Atom, Eclipse, Sublime, VIM, Visual Studio. Namun beberapa waktu ini, Platformio telah merilis Platformio IDE yang dibangun diatas Atom IDE. yang membuat pemrograman berbagai jenis mikrokontroler  kini lebih mudah, hanya pada satu aplikasi IDE.

1. Install Atom

Untuk meng-install platformio IDE terlebih dahulu harus sudah terinstal aplikasi penyunting teks Atom di komputer anda. Jika belum terinstall, silahkan unduh terlebih dahulu di sini dan install.

platformio-1

2. Instal Package Platformio

Untuk menginstall Platformio pada aplikasi Atom, di menu File > Settings > Install, cari package platformio-ide pada search box lalu klik Install.

platformio-ide-atom-pkg-installer.70212b24

Tunggu proses pengunduhan package dan instalasi berlangsung dalam beberapa menit. Setelah selesei restart Atom.

3. Install Clang

Langkah selanjutnya adalah menginstall Clang untuk Intelegent Code Completion yang digunakan oleh platformio. Pembaca dapat mengunduh Clang di sini. Jangan lupa men-check “Add LLVM to the system PATH” pada saat proses instalasi.

clang-installer-add-path

4. Install Platform yang diperlukan

Sampai tahap ini Platformio IDE telah berhasil diinstal di atas Atom. Kini saatnya menambahkan framework yang dibutuhkan untuk memprogram mikrokontroler. Pilih menu PlatformIO > PlatformIO Home lalu klik Platforms > Embedded. Terdapat beberapa platform yang bisa digunakan untuk memprogram mikrokontroler mulai dari Arduino, Espressif hingga STM32. Silahkan disesuaikan dengan keperluan anda.

 platformio-3a

One Reply to “Platformio IDE : IDE Alternatif dalam Memprogram Mikrokontroler”

  1. Pingback: [Tips STM32] : Memprogram STM32 dengan Arduino IDE

Tinggalkan Balasan