Python Pada Raspberry Pi

0 689

RaspberrypiPada posting embeddednesia akan memperkenalkan bahasa pemrograman python yang merupakan salah satu pemrograman yang umum digunakan pada raspberry pi. Ada banyak bahasa pemrograman  alternatif lain yang bisa digunakan selain python, anda bisa menggunakan C++ juga java, tentu dengan masing – masing kekurangan dan kelebihannya.

Python diciptakan oleh  Guido van Rossum yang diperkenalkan sebagai bahasa pemrograman untuk komputasi. Pada tahun 1999 beliau  memperkenalkan bahasa pemrograman ini pada anak Sekolah Dasar dan Menengah, hingga sekian dekade, python muncul pada raspberry Pi.

python-logo-master-v3-transAda yang membedakan antara Python dengan bahasa pemrograman lain seperti C/C++ dan java yang memerlukan kompilasi terlebih dahulu untuk bisa dijalankan. Python merupakan interpreted language  atau scripting languange  artinya anda tinggal menuliskan program kemudian langsung bisa menjalankannya tanpa harus mengkompilasinya terlebih dahulu. Sebagai interpreter Python memiliki keuntungan misalnya tidak perlu secara eksplisit mendeklarasikan jenis variabel apakah String atau integer, layaknya bahasa pemrograman compiler seperti C/C++ dan Java. Karena Python sebagai bahasa pemrograman interpreter ia tidak memiliki file binary seperti halnya pada C/C++ dimana source code bisa dirahasiakan, dan cukup mendistribusikan file binary untuk bisa dijalankan. Di Python, source code  adalah program itu sendiri yang bisa langsung dijalankan

Untuk memulai melakukan pemrograman Python, terdapat dua pendekatan, pendekatan pertama menggunakan text editor untuk memulai scritping  lalu mengeksekusinya. Sedang pendekatan yang kedua adalah menggunakan  interactive prompt yaitu IDLE. Pada pembahasan kali ini akan digunakan terlebih dahulu pendekatan yang terakhir, baru kemudian untuk tutorial selanjutnya akan dibahas melakukan pemrograman secara scripting.

Dalam tulisan ini, penulis mengakses raspberry Pi menggunakal terminal console Putty, Silahkan baca tutorial saya sebelumnya jika anda belum mengetahui cara untuk mengakses raspberry pi menggunakan terminal console Putty. Silahkan ketik command Python untuk memulai menjalankan interactive prompt

python

Tanda triple chevron >>> adalah interactive prompt yang berarti berarti python sedang menunggu kita untuk memasukkan program/script. Masukan perintah print(“Halo Python”) untuk mencetak pada layar kalimat Halo Python.

>>> print(“Halo Python”)
Halo Python

Sintaks perintah mencetak string pada layar ini agak berbeda jika anda menggunakan Python versi 3.0 karena itu penting untuk memastikan bahwa Python yang anda gunakan adalah sama dengan yang sedang saya pakai yaitu 2.7.x.

operasi aritmatika bisa dilakukan seperti pada interactive prompt dibawah ini

>>> 3+4+5
12

Oke, kini bisa digunakan perintah yang lebih sulit lagi dengan melakukan operasi aritmatika akar kuadrat dari 25.

>>> import math
>>> math.sqrt(25)
5.0

Perhatikan pada operasi aritmatika terakhir dilakukan import library math terlebih dahulu sebelum menggunakan fungsi akar kuadrat math.sqrt. Lalu bagaimana dengan penggunaan variabel? Tinggal masukan saja nama variabel yang ingin digunakan disertai dengan nilai awal yang digunakan.

>>> import math
>>> x=25
>>> math.sqrt(x)
5.0

Perhatikan bahwa tipe variabel tidak perlu dideklarasikan dari x apakah bilangan pecahan (float) ataukah bilangan bulat (integer). Interpreter akan otomatis mendefinisikan berdasarkan operasi aritmatika yang telah dilakukan.

%d blogger menyukai ini: