Tutorial Arduino : Hello World

0 81

9d19310763171b0d958d23a18b3d7e1c_400x400Apapun yang pertama memang selalu menantang dan menarik. Termasuk untuk pemrograman Arduino. Pada tulisan kali ini saya akan membahas mengenai bagaimana menghubungkan Arduino anda dengan komputer PC lalu mengunggah program dan menguploadnya untuk kali pertama.

Yang anda perlukan kali pertama adalah tentu board development Arduino, dalam tutorial ini saya menggunakan Arduino Uno (dapat anda dapatkan di TOKO BEY) dengan komputer menggunakan microsoft windows 7.

Unduh Arduino IDE di link berikut. Kita bisa memilih zip yang portable tanpa perlu instalasi atau file installer-nya berformat exe.. Setelah diunduh, klik dua kali file tersebut sehingga muncul jendela instalasi sebagai berikut.

DRV_Capture1

Pilih komponen yang hendak diinstal. Sesuaikan dengan kebutuhan anda, pastikan pilihan install USB driver telah anda centang karena ini terkait nanti dengan driver usb Arduino anda. Setelah beres klik Next

DRV_Capture2

Pada jendela berikutnya kita akan dihadapkan pada jendela dialog tujuan instalasi dari arduino IDE. Pilih default saja dan langsung klik Install.

DRV_Capture3

Tunggu hingga proses instalasi selesei. Setelah Arduino IDE selesei terinstall, kini sambungkan kabel USB Arduino anda pada port USB komputer/laptop. Jika anda menggunakan file installer yang saya tunjukan, maka arduino anda akan otomatis terbaca di COMX (X adalah nomer port serial, misalkan COM1 atau COM2 dan seterusnya)

Memprogram Arduino

Kini saatnya menjalankan Arduino IDE, pilih File > Examples > Basic > Blink  . Kita akan dihadapkan pada jendela yang berisi source sebagai berikut

Blink_En

Kita bisa mempelajari program ini nanti. Program ini memerintahkan Arduino untuk memberi sinyal digital bergantian dari  0 V dan 5V pada port 13. Kenapa Port 13? Karena di Port 13 Arduino Uno, terdapat  LED orange kecil yang tertanam dalam board sehingga untuk mengetes apakah arduino kita berfungsi atau tidak, cukup program port 13 untuk mengirimkan sinyal digital dan lihat hasilnya secara visual pada LED tersebut.

Pilih Port Serial

Sebelum kita mengupload program ke dalam board, pilih port usb dimana Arduino Uno terbaca. Pilih Tools > Port  untuk menyambungkan port.

Upload Program

Setelah koneksi ke port serial sudah oke, klik tombol “Upload” pada Arduino IDE. dan tunggu beberapa saat hingga muncul pesan “Done Uploading” pada status bar. Jika berhasil, kita akan melihat LED orange arduino Uno akan berkedip-kedip dengan delay tertentu.

Selamat, sekarang kita berhasil memprogram Arduino untuk kali pertama, dan telah siap untuk bereksplorasi lebih lanjut dengan development board untuk mikrokontroler luar biasa ini

salam elektronika!

%d blogger menyukai ini: