GNU Octave, Matlab Versi Open Source

1 186

logoDalam beberapa mata kuliah di berbagai fakultas teknik, sering kita menggunakan  menggunakan software satu ini untuk keperluan simulasi dan mempelajari sebuah algoritma komputasi numerik.

Ya, Matlab (Matrix Laboratory) yang dikembangkan oleh MathWorks merupakan sebuah environment yang digunakan untuk komputasi numerik. Memungkinkan kita melakukan manipulasi matriks, pem-plot-an fungsi dan data, implementasi algoritma, pembuatan antarmuka pengguna, dan peng-antarmuka-an dengan program dalam bahasa pmerograman yang lain.

Dalam beberapa tulisan saya kedepan yang membahas machine learning saya akan menjelaskan beberapa algoritma yang digunakan untuk merancang sebuah machine learning dan untuk itu penggunaan MATLAB sangatlah diperlukan dalam membuat sebuah prototipe program sebelum program sebenarnya (yang menggunakan bahasa pemrograman C++, python, atau java ) dibuat.

Namun sayangnya, MATLAB merupakan jenis aplikasi berbayar dengan harga  lisensi yang cukup menguras kantong sehingga banyak mahasiswa atau bahkan kalangan profesional di indonesia yang menggunakan versi bajakannya.

Sebenarnya penggunaan aplikasi bajakan dapat ditekan jika terdapat kesadaran untuk mendukung penggunaan Open Source Software. GNU Octave adalah salah satu alternatif yang cukup memadai untuk pembelajaran karena kompabilitasnya terhadap MATLAB. Meskipun masih ada beberapa bug yang menjadi  issue inkompatibilitasnya. Namun karena sifatnya yang open source,  saya yakin software ini akan semakin baik kedepannya.

GNU_Octave_fig1

Untuk mendapatkan GNU Octave anda bisa mendownloadnya di situs resminya.  Versi terakhir ada lah 4.0.0 yang telah dilengkapi  2 jenis tampilan antarmuka yaitu GUI interface dan CLI (command line interface). Setelah anda mendownload silahkan pelajari dokumentasi di link berikut

Salam Elektronika!

1 Komen
  1. […] Untuk lebih memahami, maka langsung saja kita ke contoh, jalankan aplikasi GNU octave  atau Matlab, jika komputer anda belum diinstal salah satu dari dua aplikasi tersebut, silahkan install terlebih dahulu sebagaimana pernah saya bahas di tulisan saya sebelumnya. […]

%d blogger menyukai ini: