Advertisement

Menaikkan Tegangan DC Dengan Modul LTC1871 Booster Step-Up Converter

0 4.102

Dalam banyak tulisan yang pernah ditayangkan  embeddednesia. Penulis sering mengulas bagaimana menurunkan tegangan  catu daya DC (misalnya 12 volt) menjadi tegangan yang lebih rendah (misalnya 5 volt). Namun bagaimana jika yang dibutuhkan adalah sebaliknya, yaitu menaikkan beda potensial suatu catu daya dari 5 volt menjadi 25 volt?

 

 

Ada salah satu IC yang dapat melakukan pekerjaan ini, yaitu LTC1871 yang dapat menaikkan tegangan dari minimal 2.5 volt hingga 36 volt berdasarkan spesifikasi yang tertulis di datasheet.

 

Sebagai sebuah regulator tegangan, ukuran ic ini sangat kecil dengan 10 kaki dan dimensi hanya berkisar 3 x 3 mm, sebagaimana ditunjukkan oleh gambar 1.

Adverstiment

Berbeda dengan IC regulator yang pernah dibahas embeddednesia yang dapat bekerja tanpa membutuhkan komponen elektronika lain, rangkaian ini masih memerlukan beberapa komponen elektronik agar perancang mendapatkan tegangan keluaran yang diinginkan. Pembaca dapat merujuk datasheet untuk lebih memahami bagaimana IC tersebut bekerja.

Untungnya kini sudah banyak beredar modul yang berbasis LTC1871 guna menaikan tegangan suatu catu daya. Modul tersebut seperti gambar berikut

Pembaca dapat membeli modul  Relay  High/Low level Trigger melalui TOKO BEY dengan mengakses halaman pembelian di tautan berikut.  Jika pembaca merasa tulisan ini bermanfaat, pembaca dapat berterimakasih dengan membeli produk di TOKO BEY

Dalam satu paket modul, pembeli akan mendapatkan

  1. Modul Step-Up Booster Converter
  2. 4 spacer dan baut sebagai kaki – kaki board
  3. Heatsink yang diletakkan pada IC LTC8171 untuk mendisipasi panas.

Adverstiment

Diagram dari modul rangkaian LTC1871 Step up converter ini  diilustrasikan sebagaimana gambar

Modul mempunyai 2 pin masukan yang terdiri dari IN+ dan IN- dan juga 2 pin keluaran OUT+ dan OUT-. Untuk melihat besaran tegangan masuk dan tegangan keluaran, modul ini juga dilengkapi dengan voltmeter dengan tampilan led seven segmen 3 digit.

Pengoperasian modul ini lebih jelasnya ada di video Youtube penulis.

 

Baca juga tulisan menarik lainnya di kategori #Elektronika Dasar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: