Advertisement

Instalasi Visual Studio 2019 Community Edition Untuk Development C++

2 63

Sekitar setahun lalu, embeddednesia pernah membahas bagaimana menginstall Visual  Studio 2017 Community Edition pada komputer dengan sistem operasi Microsoft Windows 10. Kali ini, embeddednesia akan mengulas mengenai bagaimana cara mendapatkan dan melakukan instalasi Microsoft Visual Studio 2019 Community Edition, untuk membangun project menggunakan bahasa pemrograman C/C++.

Apa yang baru yang dimiliki Visual Studio 2019, dibanding versi sebelumnya? Pembaca dapat melihat ulasan  singkatnya pada video berikut

Microsoft Visual Studio 2019 bisa diunduh melalui situs resminya di tautan berikut. Ada tiga lisensi yang diterapkan oleh Microsoft untuk Visual Studio: Community Edition, Profesional Edition dan Enterprise Edition. Lisensi mana yang sebaiknya dipilih,  bergantung kebutuhan dan tujuan pengembangan dari perangkat lunak. Jika yang diperlukan hanya untuk pembelajaran dan project nonkomersial, menggunakan Community Edition yang gratis, dipandang sudah mencukupi.

Adverstiment

Setelah file instalasi berhasil diunduh. Jalankan file tersebut, dan pastikan komputer anda sedang terhubung dengan koneksi internet, karena proses instalasi yang tersedia hanyalah hanyalah versi online dan tidak tersedia versi standalone (offline).

 

File instaler Visual Studio akan mengunduh beberapa file sebelum kemudian memunculkan jendela dialog sebagai berikut.

Adverstiment

 

Yang perlu diperhatikan, jendela dialog tersebut memiliki empat tab bernama: WorkloadsIndividual Components dan Language Packs. Pastikan pada tab Workloads,  telah dicentang item checkbox berikut

  • Desktop Development with C++
  • Universal Windows Platform Development
  • Linux Development with C++

Installer akan melihat apakah terdapat cukup ruang pada hardisk untuk opsi yang telah dipilih. Jumlah maksimum dari ruang kosong yang diperlukanjika yang dipilih hanya komponen tersebut diatas, adalah berkisar  6.54GB. Saat memberi tanda centang, dapat diperhatikan di sisi kanan check list depedensi yang akan diinstall pada kotak dialog berubah – ubah sesuai dengan item yang ingin diinstall.

Setelah selesei. Klik button Install di pojok kanan bawah. Installer akan melakukan proses pengunduhan komponen yang telah dipilih ke server microsoft dan melakukan instalasi secara otomatis. Setelah proses instalasi selesei, kotak dialog akan menjadi seperti tampilan berikut

- Advertisement -

Pilih Modify, jika ingin menambahkan komponen yang diinstall. Sedangkan launch jika ingin menjalankan Visual Studio pertama kali.

Ketika menjalankan pertama kali, programmer akan diminta untuk login menggunakan kredensial akun microsoft untuk mengaktivasi lisensi komunitas tersebut. Setelah berhasil login, programmer akan mendapatkan versi penuh dari Community Edition dengan gratis.

Selamat, kini Microsoft Visual Studio telah siap digunakan.

2 Komentar
  1. […] Instalasi Visual Studio 2019 Community Edition Untuk Development C++ […]

  2. […] Instalasi Visual Studio 2019 Community Edition Untuk Development C++ […]

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: