Membangun Aplikasi Java Pada Raspberry Pi (Bagian – 1)

0 270

Raspberry Pi sebagai sebuah Single Board Computer, layaknya komputer general purpose pada umumnya,  memiliki kemampuan menjalankan berbagai jenis perangkat lunak mulai dari aplikasi office hingga pemutar berkas multimedia. Berkat sistem operasi yang dimiliki dan dukungan komunitas open source, seorang programmer dapat mengembangkan perangkat lunak untuk platform Raspberry Pi (termasuk mengendalikan GPIO) menggunakan hampir semua bahasa pemrograman yang populer dewasa ini.

Console Editor vs IDE

Yang paling sederhana dari pengembangan perangkat lunak adalah menulis program melalui console editor seperti nano atau vim, lalu menjalankannya atau me-compile-nya menggunakan beberapa perintah yang diketik pada terminal. Cara ini memiliki keuntungan dengan sedikitnya memori yang digunakan untuk menulis program, dikarenakan memori bisa dihemat dengan tidak perlu  untuk menjalankan aplikasi IDE yang biasanya berukuran besar dan rakus akan resource.

Namun harga yang harus dibayar adalah, produktivitas  programmer yang menurun karena absennya fitur  refactoring, syntax highlighting dan banyak fitur lain yang biasanya wajib ada pada sebuah  IDE.

Tapi tentu tidak masuk akal memprogram menggunakan IDE yang diinstall pada komputer satu keping seperti Raspbery Pi bukankah itu akan membuang – buang resource yang tidak perlu?

Pada tulisan kali ini, penulis akan memberikan solusinya dengan mengulas bagaimana mengembangkan bahasa pemrograman Java  untuk platform Raspberry Pi, secara remote menggunakan Eclipse IDE (Remote Development).

Maksud dari remote development disini adalah sebuah teknik pemrograman dimana seorang programmer menulis source code program pada `menggunakan Eclipse yang telah terinstall, Namun saat dicompile, dan di jalankan, program executable secara otomatis ditransfer dan dijalankan secara remote pada platform target (Raspberry Pi).

Metode ini biasa digunakan oleh pengembang perangkat lunak pada sistem embedded seperti mikrokontroler, hingga aplikasi mobile pada sistem operasi Android. Namun masih jarang diterapkan untuk platform sekelas Single Board Computer.

Mengapa yang dipilih adalah Eclipse?

Eclipse adalah  Integrated Development Environment yang populer dikalangan pengembang perangkat lunak bahasa pemrograman Java. Sifatnya yang open source dan dukungan komunitas yang luas membuat IDE ini banyak diadopsi untuk berbagai IDE lain. Juga dukungan plugin yang dimilikinya membuat Eclipse sudah menjadi “dua sejoli” yang tidak bisa dipisahkan dengan bahasa pemrogaman Java. Sama – sama open source.





Instalasi Eclipse

Langkah pertama yang perlu dilakukan adalah mengunduh dan menginstal Eclipse IDE. Versi terakhir saat tulisan ini dibuat adalah Eclipse Oxygen. Anda bisa mengunduhnya di situs resminya.

2

Pilih distribusi Eclipse IDE for Java EE Developer atau Eclipse IDE for Java Developer. Sesuaikan dengan arsitektur komputer yang dimiliki. Apakah 32 bit atau 64 bit.

Eclipse IDE didistribusikan dalam bentuk zip. Anda hanya perlu mengekstraknya ke direktori yang diinginkan lalu eksekusi. Setelah splash screen Eclipse muncul beberapa saat, kotak dialog Workspace Launcher akan tampil menanyakan direktori mana yang dipilih untuk menjadi workspace (tempat menyimpan file project).

Begitu  jendela utama Eclipse terbuka. Install Plugin LaunchPi melalui menu Help > Install New Software. Pada kotak dialog Install New Software, tambahkan repositori dengan klik button Add lalu tambahkan link berikut Pada field Location. Kemudian Klik OK

https://raw.githubusercontent.com/tsvetan-stoyanov/launchpi/master/org.launchpi.us/target/site/site.xml

Pada Work With, atur scrolldown  pada repositori LaunchPi yang telah diatur sebelumnya. Sistem akan melakukan fetching beberapa saat untuk menampilkan komponen yang tersedia. Centang komponen tersebut kemudian ikuti prosedur instalasinya hingga selesei.

Menyiapkan Raspberry Pi

Terlebih dahulu pastikan raspberry Pi telah berada dalam satu jaringan dengan komputer yang digunakan untuk mengembangkan aplikasi. Pembahasan mengenai bagaimana cara menghubungkan Raspberry Pi dengan jaringan telah pernah diulas embeddednesia pada tulisan sebelumnya.





Membuat Program Pertama Kali

Membuat project Java untuk Raspberry Pi pada prinsipnya sama dengan membuat project Java pada umumnya. Silahkan baca terlebih dahulu bagaimana memulai Project Java menggunakan Eclipse.

Buat Project bernama HelloRaspberry Pi dengan struktur sebagai berikut

Raspi.java adalah adalah program hello world biasa yang menampilkan string “Hello World” pada console/terminal.

Untuk menjalankan program, langkah pertama adalah mengatur konfigurasi eksekusi software pada Run Configurations sehingga terbuka jendela seperti berikut. Pilih Raspberry Pi.





Pada detail Run Configuration yang telah dipilih atur konfigurasi seperti berikut. Masukan nilai Raspberry Pi System dengan alamat SSH IP dari Raspberry Pi. Check Run java As Root jika ingin menjalankan aplikasi di Raspberry Pi sebagai root. Jika tidak, pilihan tersebut bisa di uncheck. Jika sudah selesei, klik Apply untuk menyimpan, dan Run untuk mengeksekusi program.

Sebuah kotak dialog ssh akan tampil menanyakan user dan password. Isi dengan user dan password Raspberry Pi, lalu klik OK

Perhatikan pada terminal di eclipse, aplikasi hello world yang telah dibuat dijalankan pada platform target Raspberry Pi

%d blogger menyukai ini: