Tutorial Elektronika Embedded dan Pemrograman Sampai Mahir

Tutorial Pemrograman Python : Pertemuan Pertama

Seri Belajar Bahasa Pemrograman Python

1 47

Semakin berkembangnya teknologi pemrograman komputer, memprogram aplikasi embedded kini tidak harus selalu menggunakan bahasa pemrograman C/C++. Misalkan ESP8266 tidak hanya mendukung bahasa pemrograman C/C++, namun juga Lua, bahkan micropython (turunan dari Python).

Ketika membuat program Computer Vision dengan OpenCV pun, tidak harus menggunakan bahasa pemrograman C/C++, namun juga bisa menggunakan Java, dan Python tentu saja. Begitupula kala memprogram Robotic Operating System, Python adalah salah satu bahasa yang didukung untuk membuat node

Dalam dunia pemrograman untuk keperluan machine learning, python juga begitu populer dikarenakan banyak pustaka yang memang dibuat untuk itu seperti Numpy, Scipy, begitu juga Pandas. Akan banyak hal itulah mengapa embeddednesia memasukan Python ke dalam salah satu topik seri tutorial belajar bahasa pemrograman, disamping C/C++, dan juga Java. Harapannya developer semakin memiliki insight yang luas tentang kekhasan masing – masing bahasa pemrograman dan dapat mengambil benefit dari setiap bahasa pemrograman yang ada.

  • Apa itu Python 

Diambil dari situs wikipedia, disebutkan bahwa Python adalah bahasa pemrograman interpretatif multiguna. yang lebih menekankan pada keterbacaan kode agar lebih mudah untuk memahami sintaks.

Python diciptakan oleh  Guido van Rossum pada 1991. Dan saat ini dikembangkan oleh sebuah yayasan yang bernama Python Software Foundation. Bahasa pemrograman Python mendukung hampir semua sistem operasi, bahkan untuk sistem operasi Linux, hampir semua distronya sudah menyertakan Python sebagai bahasa pemrograman built in.

  • Keunggulan Python

Bahasa pemorgraman python memiliki beberapa kelebihan relatif jika dibandingkan bahasa pemrograman yang lain yaitu sebagai berikut :

  1. Portabilitas : Python didukung oleh hampir semua sistem operasi, ini membuat developer tidak perlu memikirkan lagi kompatibilitas programnya untuk environment sistem operasi yang berbeda – beda.
  2. Koheren : Python sangat logis dan koheren, karena banyak method internalnya begitu mudah dipahami.
  3. Produktivitas : Sebuah program yang ditulis dengan bahasa pemrograman python bisanya 1/5 hingga 1/3 dari program yang sama yang ditulis dengan C++ atau Java
  4. Dukungan Pustaka  : Python memiliki pustaka internal yang banyak dan juga pustaka eksternal yang bisa diakses melalui Python Package Index (PyPI)




  • Kekurangan Python

Salah satu kekurangan yang ada di bahasa pemrograman Python jika dibandingkan dengan bahasa pemrograman lain adalah kecepatan eksekusinya, dikarenakan sifatnya yang merupakan bahasa pemrograman interpreter.

  • Menyiapkan Python

Programmer yang akan memulai belajar dan  menginstall python, biasanya akan menemui dua versi major yang dipunya python. Python 2 dan Python 3. Mana yang baiknya dipilih?

Jika seorang programmer baru memulai sebuah program python dari awal, maka menggunakan python 3 tidak akan menjadi masalah, karena kini banyak pustaka telah ditulis ulang agar kompatibel dengan python 2 dan juga python 3.

  • Instalasi Python

Jika menggunakan Sistem Operasi Linux, biasanya python sudah terinstal secara default, begitupula juga jika menggunakan Mac. Namun jika menggunakan windows, python harus diinstall secara secara terpisah.

Untuk memastikan apakah python sudah terinstall di komputer, dapat digunakan

python
Python 2.7.12 (default, Dec 4 2017, 14:50:18)
[GCC 5.4.0 20160609] on linux2
Type “help”, “copyright”, “credits” or “license” for more information.

untuk python3 dapat digunakan sintaks berikut

python3
Python 3.5.2 (default, Nov 23 2017, 16:37:01)
[GCC 5.4.0 20160609] on linux
Type “help”, “copyright”, “credits” or “license” for more information.

Untuk sistem operasi Windows, file instalasi bisa diunduh di situs resmiya https://www.python.org/downloads

Tanda triple chevron >>> adalah interactive prompt yang berarti berarti python sedang menunggu developer untuk memasukkan program/script. Masukan perintah print(“Halo Python”) untuk mencetak pada layar kalimat Halo Python.





>>> print(“Halo Python”)
Halo Python

Sintaks perintah mencetak string pada layar ini agak berbeda jika anda menggunakan Python versi 3.0 karena itu penting untuk memastikan bahwa Python yang digunakan adalah sama dengan yang sedang penulis gunakan yaitu 2.7.x.

operasi aritmatika bisa dilakukan seperti pada interactive prompt dibawah ini

>>> 3+4+5
12

Oke, kini bisa digunakan perintah yang lebih sulit lagi dengan melakukan operasi aritmatika akar kuadrat dari 25.

>>> import math
>>> math.sqrt(25)
5.0

Perhatikan pada operasi aritmatika terakhir dilakukan import library math terlebih dahulu sebelum menggunakan fungsi akar kuadrat math.sqrt. Lalu bagaimana dengan penggunaan variabel? Tinggal masukan saja nama variabel yang ingin digunakan disertai dengan nilai awal yang digunakan.

>>> import math
>>> x=25
>>> math.sqrt(x)
5.0

Perhatikan bahwa tipe variabel tidak perlu dideklarasikan dari x apakah bilangan pecahan (float) ataukah bilangan bulat (integer). Interpreter akan otomatis mendefinisikan berdasarkan operasi aritmatika yang telah dilakukan.

  • virtualenv

Misalkan, seorang programmer sedang mengerjakan sebuah website menggunakan Django 1.7 untuk client A. Kemudian untuk client B namun menggunakan Django 1.8. Padahal programmer tersebut menggunakan komputer yang sama untuk mengembangkan program baik untuk client A, maupun client B. Sedangkan dalam satu komputer hanya ada satu environment yang bisa digunakan, django 1.7 atau django 1.8.

Dengan virtualenv programmer bisa menggunakan kedua environment secara bersamaan dalam satu komputer. Django 1.7 untuk client A, dan Django 1.8 untuk klien B.

Untuk menginstall virtualenv dapat digunakan pip.

pip install virtualenv
Pip adalah package management yang digunakan untuk mengunduh dan menginstall package yang dibuat dengan bahasa pemrograman python

Pada artikel selanjutnya embeddednesia akan membahas bagaimana membuat virtual environment pertama sekaligus program pertama yang dibangun di atasnya

 

 

1 Komen
  1. […] Tutorial Pemrograman Python : Pertemuan Pertama […]

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: