Advertisement

Bagaimana Memulai Menggunakan Orange Pi Zero

0 115

Orange Pi Zero sebagaimana pernah disinggung dalam tulisan embeddednesia yang lalu,  adalah alternatif  lain yang lebih murah dari Single Board Computer mainstream Raspberry Pi Zero, terutama bagi pembaca yang gemar sekali bereksplorasi dengan hal yang baru. Dalam sesi tutorial kali ini, embeddednesia akan membahas mengenai cara menyalakan pertama kali Orange Pi Zero yang anda miliki.

  • Prasyarat Perangkat Lunak

Dalam pembahasan kali ini, penulis menggunakan komputer dengan sistem operasi microsoft windows 10. dengan beberapa software 3rd party yang telah diunduh dan diinstal, sebagai berikut

  • SDCard Formatter ( download ) : perangkat lunak untuk memformat sd card
  • 7Zip (download) : perangkat lunak pengarsip sumber terbuka untuk mengekstrak dengan mengkompres file
  • Win32DiskImager (download): Perangkat lunak untuk menulis image sistem operasi ke sd card.
  • Software SSH dan Serial Client seperti  MobaXTerm  dan Putty, pembaca dapat mengunduh Putty di tautan ini, dan MobaXTerm di tautan ini

 

  • Prasyarat Perangkat Keras

Untuk perangkat keras yang digunakan adalah sebagai berikut

  • OrangePi Zero :

Yups, tentu saja Orange Pi Zero. Varian 256MB atau 512MB. Orange Pi Zero LTS juga dapat digunakan pada tutorial ini

Adverstiment

 

  • MicroSD Card 16GB 

MicoSD yang digunakan minimal 4GB, namun direkomendasikan berukuran 8GB atau lebih, dalam tutorial ini  embeddednesia menggunakan microsd card dengan kapasitas 16GB.

  • Kabel console USB to TTL PL2303TA

Kabel console adalah perangkat yang berguna untuk mengakses OrangePi dan Single Board Computer lain (seperti Raspberry Pi) menggunakan antarmuka komunikasi serial. Perangkat ini adalah versi upgrade dari kabel console yang berbasis PL2303HX yang hanya mendukung sistem operasi Microsoft Windows 7, sedangkan versi PL2303TA telah mendukung sistem operasi Microsoft Windows 10.

.Gambar berikut menujukkan tampilan dari kabel console yang digunakan

Pembaca dapat membeli modul  Modul Console USB to TTL PL230TA melalui TOKO BEY dengan mengakses halaman pembelian di tautan berikut.  Jika pembaca merasa tulisan ini bermanfaat, pembaca dapat berterimakasih dengan membeli produk di TOKO BEY

Sebelum menggunakan kabel console ini, jangan lupa untuk menginstal driver-nya terlebih dahulu dengan mengklik tautan ini

[wpdm_package id=’5846′]

  • Catu daya 5V dengan arus 2A, dengan kabel colokan micro USB. Pengguna dapat menggunakan catu daya yang biasa digunakan pada charger hp smartphone Android.

Adverstiment

Setup Image Sistem Operasi

Setelah semua perangkat keras dan perangkat lunak yang diperlukan sudah siap, hal pertama yang harus dilakukan adalah mengunduh image sistem operasi dan mengisinya ke microsd yang telah disiapkan, langkahnya adalah sebagai berikut:

  • Unduh Image Armbian

Image Armbian untuk OrangePi Zero dapat diunduh di tautan ini. Ada beberapa pilihan pengunduhan yang digunakan, pengunduhan menggunakan Torrent atau langsung dari repositori server Armbian.

Saat tulisan ini dibuat, versi terbaru dari Armbian adalah Armbian Buster dan Armbian Bionic. Keduanya sama – sama menggunakan kernel Linux 5.4. Pembaca bebas menggunakan versi terbaru yang tersedia, namun dalam artikel ini, digunakan Armbian Bionic.

  • Format SDCard

Masukan SDCard pada komputer laptop (jika komputer yang tersedia memiliki slot SD Card) atau digunakan card reader dan menghubungkkanya  pada USB jika komputer yang tersedia tidak memiliki slot SDCard. Pembaca dapat menformatnya menggunakan aplikasi SDCard Formatter atau dengan menggunakan tool Format pada Microsoft Windows. Yang perlu diperhatikan adalah, pastikan  FileSystem  pada microsd usai diformat adalah FAT32.

  • Write SDCard dengan Image ArmBian

Jalankan aplikasi  sebagai  Administrator. Pastikan drive sdcard terbaca (nomer 3). Klik button icon folder (nomer 1), untuk bernavigasi ke lokasi file  image Armbian yang telah diunduh sebelumnya.

Klik button  Write (nomer 4) untuk memulai “membakar” image ke sdcard, pastikan drive yang bakal diwrite tidak keliru, karena Win32DiskImager akan menimpa semua data lama di SDCard dengan data baru dari image Armbian.

Setelah proses “pembakaran” selesei, klik Exit untuk menutup aplikasi Win32 Disk Imager.

- Advertisement -

Powering Up

Masukkan microsd card yang telah diisi sistem operasi sebagaimana dijelaskan di langkah sebelumnya,. Kemudian hubungkan pin debug (RX, TX dan GND) dengan kabel console USB to TTL  PL2303TA yang telah dicolokkan ke usb komputer yang digunakan.

  • Kabel Debug

Berikut adalah pinout dari pin Debug

courtesy http://codelectron.com

 

Yang perlu diperhatikan adalah bahwa pin TX Orange Pi haruslah dihubungkan dengan pin RX dari kabel console (kabel putih), sedangkan pin RX  Orange Pi dihubungkan dengan Pin TX (kabel hijau), sehingga urutan warna kabel konsol dari kiri ke kanan, adalah warna putih, hijau, hitam

Advertisement

  • Hubungkan ke Catu Daya

Langkah terakhir, adalah menghubungkan OrangePi dengan catu daya. Pembaca dapat menggunakan catu daya dengan colokan microusb yang biasa digunakan sebagai charger smartphone android. Setelah  Orange Pi Zero menyala, akses Orange Pi menggunakan kabel konsol yang pada langkah sebelumnya telah dipasang.

Perhatikan pada Device Manager terbaca di port serial berapa. Pada komputer milik penulis, kabel konsol terbaca di COM4

Advertisement

Untuk mulai mengakses OrangePi menggunakan antarmuka serial, pengguna dapat menggunakan Putty atau aplikasi MobaXTerm dan pastikan pengaturan komunikasi serial sebagai berikut

  • Pada Serial Line, masukan nomer COM dimana USB to TTL terhubung, dalam contoh ini digunakan COM4
  • Masukan 115200 untuk speed
  • pilih Serial pada Connection type
  • klik button Open

Jika, keluar layar hitam kosong. tekan enter. maka jika berhasil, akan keluar konsol layaknya CMD seperti gambar berikut, lalu masukan user id : root  dan password 1234

Jika userid dan password benar, maka pengguna akan mendapatkan tampilan sebagai berikut

Jika ini adalah login kali pertama, pengguna akan diminta mengubah password dan membuat user dan profil baru.

Selamat, kini anda telah berhasil men-setup dan mengakses OrangePi untuk pertama kali

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: