Advertisement

Hantek 6022BE : Osiloskop PC 20MHz dengan Antarmuka USB

0 51

Osiloskop (inggris: Oscilloscope) adalah perangkat instrumentasi untuk menguji suatu rangkaian elektronika dengan menampilkan grafik sinyal tegangan, biasanya pada plot dua dimensi tegangan sebagai fungsi waktu. Mahir dalm mengoperasikan alat ini adalah suatu kewajiban bagi seorang mahasiswa yang mengambil jurusan elektronika.

Ketersediaanya di laboratorium sistem benam dan kendali juga merupakan suatu hal yang lumrah adanya. Namun tentu bagi para hobbyist , osiloskop merupakan benda yang cukup mewah dikarenakan harganya berkisar diatas 5 juta.

Namun untungnya berkat perkembangan teknologi sekarang hadir yang disebut sebagai PC Osciloscope, yang merupakan sebuah modul elektronika  yang dirancang  khusus dengan antarmuka USB, sehingga mampu menampilkan grafik sinyal tegangan pada layar monitor komputer sebagaimana instrumen osiloskop pada umumnya.

Salah satu modul pc-osiloskop yang datang ke markas  embeddednesia  adalah Hantek 6022-BE. Hantek 6022-BE adalah PC- Osiloskop yang memiliki antarmuka USB dengan 2 kanal probe dan spesifikasi Real Time Sampling hingga 48MS/s dan bandwidth hingga 20MHz. Spesifikasi lebih lengkap dapat ditemui padaSpesifikasi lebih lengkap dapat ditemui langsung pada User Manual yang dapat diunduh pada tautan ini.

Kelengkapan yang diperoleh didalam kotak Hantek 6022-BE adalah sebagai berikut

  • Modul Hantek 6022BE
  • 2 proble dengan atenuasi 1x dan 10x
  • Kabel USB
  • CD Instalasi

 

Bagi pengguna yang tidak memiliki CDROM pada komputer sehingga kesulitan untuk mendapatkan aplikasi dan driver-nya. Pengguna dapat mengunduhnya langsung di tautan berikut

UNDUH APLIKASI HANTEK-6022BE

Adverstiment

  • Cara Instalasi

Hubungkan kabel USB dari modul Hantek 6022BE ke komputer. Pada pengguna Microsoft Windows 10, lalu masuk ke Device Manager. Perhatikan terdapat Other Devices dengan status belum dikenali (unknown device). Klik kanan lalu pilih Update Driver.

Pada jendela dialog Update Drivers pilih Browse  my computer for driver software lalu pada tahap berikutnya, arahkan lokasi driver ke Driver Hantek-6022BE yang telah diunduh pada langkah sebelumnya. Kemudian klik Next.

Tunggu beberapa saat hingga proses instalasi driver selesei. Jika instalasi sukses, perangkat tersebut tidak lagi terbaca sebagai Unknown Device pada Device Manager. Berikutnya, instal software Hantek-6022BE, jalankan file instaler yang sudah diunduh pada langkah sebelumnya. Lalu ikuti perintahnya, hingga software Hantek berhasil diinstal.

Adverstiment

  • Penggunaan

Saat aplikasi Hantek-6022BE dijalankan, pastikan lampu modul Hantek menyala (berkedip) berwana hijau. menandakan koneksi dari Modul ke software tidak mengalami masalah.

 

Jika pengguna pernah memakai modul osiloskop sebelumnya, maka menggunakan software Hantek-6022BE tidak akan menemui banyak kesulitan karena semua fitur yang dimiliki tidak akan banyak jauh berbeda. Jangan lupa untuk menyesuaikan jenis atenuasi probe dengan pengaturan yang ada pada software Hantek. Jika pengaturan yang digunakan adalah X1 (tegangan maksimal 5V) maka pengaturan yang sama harus diterapkan pada software-nya. Begitupun jika yang digunakan adalah X10 (tegangan maksimal 50V).

 

 

 

 

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: