Pengenalan Robot Operating System

1 145

ros_equation

1. Mencegah Reiventing The Wheel

Pengalaman saya  terlibat dalam penelitian robotik semasa kuliah, saya sering berpikir dan merasa agak aneh mengapa perkembangan robotik di indonesia sedemikian lambatnya, jika dibandingkan negara – negara lain. Padahal banyak kontes robotik di tiap tahunnya yang diadakan oleh banyak universitas dan perguruan tinggi.

Mungkin salah satu alasannya adalah dikarenakan kontes – kontes tersebut hanya dijadikan ajang untuk saling berebut keunggulan, tanpa adanya kemampuan masing – masing peserta dan perguruan tinggi untuk saling belajar dan berbagi hasil penelitiannya kepada yang lain. Masing – masing peserta dari lembaga penelitian dan juga perguruan-perguruan tinggi melihat perguruan tinggi tetangganya adalah ‘musuh’ yang harus dikalahkan. Sehingga serapat mungkin rahasia riset suatu perguruan tinggi dijaga ketat agar tidak diketahui oleh perguruan tinggi yang lain. Maka yang terjadi bukannya percepatan penelitian, namun reiventing the whell.

Istilah ini adalah sebuah analogi dari  proses panjang hingga terciptanya inovasi roda yang digunakan oleh mobil seperti sekarang ini. Bayangkan jika setiap perusahaan yang akan membuat mobil, harus melakukan riset untuk menemukan ‘roda’ yang sebenarnya sudah ditemukan dan digunakan oleh pihak  lain, maka yang terjadi masing – masing orang akan sibuk meneliti tentang roda, dan tidak sempat meneliti tentang bagian lain hingga tercipta sebuah mobil.

Di dalam dunia robotik, gambaran dari proses reiventing the whell adalah sebagai berikut

watermarked-reiventing the weel

Disitulah semangat Open Source antara lembaga penelitian dan Perguruan Tinggi diperlukan, yang memungkinkan perkembangan robot nasional bisa berlangsung cepat untuk menyusul negara lain.

2. Robot Operating System

Robot Operating System (ROS)  dikembangkan pada tahun 2007 oleh Stanford Artificial Intelligence Laboratory (SAIL) dengan dukungan  Stanford AI Robot project. Pada tahun 2008, pengembangan ROS dilanjutkan oleh Willow Garage lembaga penelitian robotik dengan dukungan lebih dari 20 lembaga penelitian. Banyak lembaga penelitian yang mulai menggunakan ROS dengan menambahkan  hardware dan berbagi contoh source code-nya. Banyak perusahaan juga mengadopsi untuk menggunakan ROS.

Robot Operating System sebenarnya adalah  meta-operating system atau framework yang bersifat open source yang dapat digunakan untuk robot. ROS mempunyai sebuah service seperti halnya  sebuah sistem operasi pada umumnya, termasuk abstraksi perangkat keras, kendali perangkat tingkat bawah, implementasi dari fungsi-fungsi yang biasa digunakan, penyampaian pesan/data diatara proses serta management package. ROS juga menyediakan alat dan library yang memungkinan kita untuk mendapatkan, membangun, memprogram hingga menjalankan program melalui banyak komputer

Dengan ROS, kita bisa memulai untuk memprogram dan mengendalikan sebuah robot dengan mudah, dikarenakan ada banyak contoh dan source code yang disediakan, termasuk sensor dan perangkat yang akan menambahkan fungsionalitas baru pada robot, seperti navigasi otonom dan persepsi visual. Kita patut berterimakasih kepada Komunitas opensource yang mengembangkan ROS , sehingga menghindarkan kita dalam membuang -buang waktu dan effort untuk melakukan riset yang sama berulang – ulang.

Ini adalah tulisan pembuka saya dalam rangka berbagi ilmu mengenai Robot Operating System. Sebuah framework luar biasa yang memudahkan para developer robotik untuk mendesain robot yang digunakan untuk memudahkan kehidupan kita kedepannya. Sebelum saya membuat tulisan ini, saya sempatkan diri untuk googling apakah ada tutorial serupa tentang ROS yang ditulis dalam bahasa indonesia? Sayang sekali, saya tidak menemukannya, meskipun saya melihat indikasi beberapa perguruan tinggi telah membahas dan menggunakanya, dilihat dari review mereka dengan framework satu ini. Tapi mengapa mereka tidak menularkan ilmu ini? Tak tahulah. Tapi tidak apa – apa, berarti blog ini akan menjadi pionir dalam membahasnya. Hehe

Apa yang saya perlukan untuk belajar ROS? Untuk dasar, yang perlu anda persiapkan  adalah komputer yang telah terinstal Ubuntu, atau jika anda menggunakan windows, anda bisa menggunakan VMWare ataupun Oracle VirtualBox sebagai mesin virtual di komputer ada. Nantinya saya akan menggunakan Ubuntu 12.04. Maka persiapkan diri terlebih dahulu dan melakukan instalasi tersebut. OK!

Salam Elektronika

1 Komen
  1. ghoni jee berkata

    semangat berbagi gan… saya juga bingung kenapa pada nyimpen rahasia.. padahal kalo disharing akan lebih bermanfaat dan makin berkembang ,,, tidak berhenti di kita aja…

%d blogger menyukai ini: