Tutorial ESP8266 – 4: Memprogram ESP-01 menggunakan Arduino IDE

esp8266Salah satu yang menjadi kunci dari kepopuleran dari ESP8266 adalah sifatnya yang open source, sehingga tak lama setelah dirilis,  terbentuklah komunitas mulai dari teknisi, hobbyist mulai mengembangkan beragam cara untuk mengopreknya. hingga kemudian komunitas ESP8266 membuat addon untuk memprogram ESP8266 menggunakan Arduino IDE.

Pemrograman ESP8266 menggunakan Arduino IDE sebenarnya hanya satu cara dari beragam cara yang tersedia. beberapa cara yang lain yang bisa digunakan adalah

  1. Lua Script
  2. Platform.io
  3. MicroPython

Dalam tulisan ini penulis akan membahas tentang penggunaan Arduino IDE untuk memprogram ESP8266. Sebelumnya pastikan anda telah memiliki Arduino IDE di yang telah terinstall di komputer anda, versi minimal yang digunakan dalam tutorial ini adalah 1.6.4, jika anda belum memiliki Arduino IDE atau memiliki versi dibawah 1.6.4, silahkan mengunduhnya terlebih dahulu di sini, dan install.

Sebagaimana tulisan pada tutorial sebelumnya, dalam tutorial kali ini embeddednesia  menggunakan modul ESP-01, yang bisa didapatkan melalui TOKO BEY, dengan mengakses halaman pembelian berikut. Sedangkan untuk modul antarmuka usb to serial, digunakan modul USB to ESP-01 yang juga dijual di TOKO BEY.

Agar tidak terjadi pengulangan, embeddednesia akan menganggap pembaca telah mengikuti beberapa tulisan sebelumnya di seri tutorial ESP8266. Jika  ternyata anda  belum mengikuti tulisan sebelumnya,  silahkan dibaca terlebih dahulu beberapa tulisan berikut:

  1. Tutorial ESP 8266: Pertemuan Pertama
  2. Tutorial ESP-8266: Mengakses ESP-01
  3. Tutorial ESP-8266: Menghubungkan ESP-01 ke Jaringan WIFI

Mengatur Environment

Pada aplikasi Arduino IDE pilih menu File > Preferences, saat jendela dialog terbuka salin url berikut pada text box “Additional Board Manager URLs

http://arduino.esp8266.com/stable/package_esp8266com_index.json

ardu-1a

Langkah berikutnya, pilih menu Tools > Board Manager, lalu cari esp8266 by ESP8266 Community. Install pilihan ini, tunggu beberapa saat proses pengunduhan dan instalasi bekerja.

ArduinoESP.a

Setelah proses instalasi rampung, tutup jendela dialog Board Manager. Kini Arduino IDE telah siap untuk memprogram modul ESP-8266.  Pada menu Tools > Board, perhatikan kini ada tambahan board dari varian ESP8266 yang bisa digunakan. Untuk tutorial ini, silahkan pilih Generic ESP8266 Module.

ardu-2.a

Hello World

Jika anda telah menancapkan USB to ESP-01 sebagaimana pada tutorial sebelumnya, PORT serial akan terbaca sesuai dengan di device manager. Jika nilai ini belum dipilih, silahkan diatur terlebih dahulu. Hal yang yang sama berlaku untu baudrate, dalam tulisan ini digunakan nilai 115200.

ardu-3.a

Hello World ESP01

Seperti biasa, program pertama yang dibuat untuk sebuah perangkat embedded  adalah bagaimana mengedip-ngedipkan led untuk membuktikan bahwa proses pemrograman dan  flashing yang telah dibuat berjalan sebagaimana mestinya. Kita tidak perlu membuat program baru untuk ini, karena komunitas ESP8266 telah menyediakannya include bersama add-on yang telah diinstal. Pilih menu File > Examples > ESP8266 > Blink .

ardu-4.a

Setelah diklik, halaman Arduino IDE akan berisi source code program blink seperti berikut

Untuk mengunggah firmware buatan ini ke dalamESP-01, cara yang digunakan persis sama layaknya mengunggah program ke Arduino Board pada umumnya. Jangan lupa untuk menggroundkan GPIO0 untuk mengaktifkan mode pemrograman pada ESP-01. Setelah semua siap, klik button upload dan tunggu proses beberapa saat. Hingga muncul tulisan Done Uploading pada task bar.

ardu-5.a

Setelah proses flashing selesei  lakukan replug pada modul USB to ESP01 anda (cabut dari port usb lalu pasang kembali). Jangan lupa untuk mengembalikan GPIO0 ke operasi normal. Perhatikan LED internal berwarna biru berkedip-kedip. LED ini terhubung dengan port GPIO3 yang tak lain merupakan pin U0RXD. Pin yang sama yang juga digunakan untuk komunikasi serial. Sehingga dengan menjalankan program ini, komunikasi serial tidak bisa dijalankan

Kini kita sudah paham bagaimana caranya memprogram ESP-01 menggunakan Arduino IDE. Berterimakasihlah kepada komunitas ESP8266 yang membuat semua ini menjadi nyata. Membuat firmware pada ESP-01 kini tidak jauh beda dengan memprogram board Arduino pada umumnya. Dalam posting berikutnya embeddednesia akan  berkesplorasi lebih dalam mengenai cara mengendalikan LED menggunakan aplikasi web via modul ESP-01

2 Replies to “Tutorial ESP8266 – 4: Memprogram ESP-01 menggunakan Arduino IDE”

  1. Pingback: Wemos D1, Board ESP8266 Yang Kompatible dengan Arduino

Tinggalkan Balasan