Advertisement

Mengendalikan Perangkat melalui Frekuensi Radio

0 366

Banyak cara mengenai bagaimana mengendalikan perangkat elektronik tanpa menggunakan kabel. Mulai dari media Wifi, bluetooth, inframerah hingga menggunakan frekuensi Radio (RF). Pada tulisan kali ini embeddednesia akan mengulas sebuah modul yk-04 yang merupakan modul RF 315 MHz yang berguna untuk mengendalikan perangkat (seperti lampu, pintu pagar)  secara jarak jauh.

Modul ini terdiri dari transmiter (pemancar) dan juga receiver (penerima) seperti gambar.

Pembaca dapat membeli modul RF YK-06  melalui TOKO BEY dengan mengakses halaman pembelian di tautan berikut.  Jika pembaca merasa tulisan ini bermanfaat, pembaca dapat berterimakasih dengan membeli produk di TOKO BEY

 

Sebuah pemancar yang berfungsi sebagai remote control akan mengirimkan sinyal gelombang radio yang bersesuaian dengan perintah biner dari tombol yang ditekan. Sedangkan modul receiver,  akan menerima  gelombang radio yang dikirimkan dan mendekodekan.

Kelebihan pengiriman data menggunakan frekuensi radio adalah jarak yang mampu ditempuh yaitu sampai rentang 30 meter, bandingkan dengan sinar inframerah atau bluetooth.





Modul YK-04 yang akan penulis coba memiliki 4 kanal keluaran D0, D1, D2, D3, D4. Kanal – kanal ini dihubungkan ke LED untuk mengetahui apakah modul berfungsi baik atau tidak.

Modul sejauh ini berfungsi baik, terbukti dengan ujicoba yang dilakukan pada breadboard, led -led berwarna – warna tersebut menyala bergantian sesuai dengan tombol pemancar yang ditekan. Karakteristik data yang diterimanya pun bersifat diskrit (tidak kontinu) terbukti dengan led yang berkedip – kedip ketika tombol ditekan. Semakin jauh jarak antara transmitter dan receiver maka akan semakin jarang pula led menyala.

Menghubungkan dengan Arduino 

Pembaca diasumsikan memiliki board Arduino Uno. Jika belum, disarankan membelinya terlebih dahulu di TOKO BEY dengan mengakses halaman pembelian berikut






Pembaca dapat membeli Arduino Uno melalui TOKO BEY dengan mengakses halaman pembelian di tautan berikut.  Jika pembaca merasa tulisan ini bermanfaat, pembaca bisa berterimakasih dengan membeli produk di TOKO BEY

Modul YK-04 akan dihubungkan dengan PIN 9,10,11,12. Masukan yang diterima akan diproses untuk menyalakan led yang terhubung dengan PIN 2, 3, 4, 5.  Sedangkan sketch yang dibuat adalah sebagai berikut





Program tersebut akan menyalan LED berdasarkan perintah yang diterima (masukan yang diterima dari modul Receiver RF) berdasarkan tombol yang ditekan oleh pemancar RF.

Setelah program berhasil diupload dan dijalankan pada rangkaian maka ketika tombol button

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: