Advertisement

Raspberry Pi 4: Raspberry Pi Baru Dengan Banyak Upgrade

0 170

Senin kemarin (tanggal 24 Juni 2019) kabar baik datang untuk para penggemar Raspberry Pi. Raspberry  Pi Foundation mengumumkan perilisan generasi terbaru dari Raspberry Pi, yaitu  Raspberry Pi 4. Disebutkan di versi terbaru tersebut terdapat beberapa upgrade yang cukup banyak di tingkat perangkat keras dibandingkan versi sebelumnya.

Berikut adalah beberapa spesifikasi rinci yang dirangkum oleh embeddednesia dari berbagai sumber

  • CPU Baru

Raspberry Pi 4 Model B hadir dengan prosesor yang lebih baik dari pendahulunya, dari sebelumnya menggunakan ARM Cortex-A53 quad-core 1.2Ghz, kini menggunakan ARM Cortex -A72 quad-core 1.5GHz. Prosesor ini, diklaim memiliki performa 3 kali lebih cepat dibandingkan dengan Raspberry Pi 3

  • Pilihan RAM yang beragam

Sepertinya Raspberry Foundation mengikuti tren yang belakangan marak dimana beberapa gawai seperti smartphone, tablet hingga notebook menawarkan kepada pengguna dengan pilihan variasi spesifikasi perangkat keras mulai dari kapasitas penyimpanan (storage) hingga prosesor.

Raspberry Pi 4 juga hadir dengan beberapa versi spesifikasi untuk RAM. Pembeli dapat membeli versi RAM mulai dari yang berukuran 1GB, 2GB hingga 4 GB.

Penggunaan RAM LPDDR4 yang ada pada Raspberry Pi 4 merupakan salah satu lompatan signifikan dibanding Raspberry Pi 3 yang menggunakan  LPDDR2.

Adverstiment

  • Ethenet Yang Lebih Baik

Raspberry Pi 4 juga dilengkapi dengan ethernet gigabit dengan rancangan yang  lebih baik dibandingkan dengan pendahulunya. Rancangan tersebut memungkinkan pengguna untuk memaksimalkan kemampuan port ethernet gigabit pada Raspberry Pi

 

  • Upgrade USB

Raspberry Pi 4 juga membawa perubahan signifikan pada antarmuka USB. Kini dilengkap di port USB 3.0 disamping dua port USB 2.0. Ini adalah peningkatan besar – besaran dari Raspberry Pi versi terdahulu dimana penambahan port USB 3.0 ini tentu akan meningkatkan kemampuan Raspberry Pi 3 dalam hal baca tulis data ke Hard Drive Eksternal

Adverstiment

  • Bluetooth

Spesifikasi Bluetooth pada Raspberry Pi 4 juga tidak ketinggalan  dikembangkan sehingga kini mendukung penuh Bluetooth 5.0. Upgrade ini membawa peningkatan performa bluetooth 4 kali lebih baik dibandingkan versi pendahulunya.

 

  • Dukungan Display

Raspberry Pi 4 juga dilengkapi dengan dukungan dual monitor. Fitur ini memungkinkan dua layar monitor dapat berjalan pada resolusi 60hz (30Hz jika menggunakan monitor dual 4k). Konskuensi perubahan ini adalah hilangnya port HDMI standar yang pernah ada pada Raspberry Pi 3, digantikan dengan dua port micro HDMI.

 


 

- Advertisement -

Karena dukungan dual monitor ini pula, Raspberry Pi 4 juga hadir dengan arsitektur GPU yang lebih modern yaitu  Broadcom’s VideoCore VI graphics architecture. Salah satu dukungannya ada pada dukungan OpenGL ES 3.x.

Sebagai tambahan dukungan atas versi OpenGL yang terbaru, kini Raspberry Pi 4 juga memiliki kapabilitas dekoding dari perangkat kerasnya yang juga ditingkatkan. Kini dapat men-decode video  4K pada 60 frames per second menggunakan HEVC (Biasanya dikenal sebagai x256) encoding

Perubahan – perubahan tersebut membawa perbaikan sangat signifikan yang dapat dimanfaatkan pengguna untuk menjadi Raspberry Pi sebagai media center terutama saat menangani video – video yang memiliki spesifikasi high definition.

  • Koneksi Daya

Raspberry 4 juga mengalami pengembangan di sisi koneksi dayanya. Raspberry Pi Foundation mengganti port daya dari yang sebelumnya menggunakan konektor USB micro-B menjadi konektor USB micro -C. Konektor baru ini memungkinkan Raspberry Pi mendapat tambahan arus 500mA dari versi terdahulu

  • Kesimpulan

Berikut adalah rangkuman dari spesifikasi Raspberry Pi 4

  • A 1.5GHz quad-core 64-bit ARM Cortex-A72 CPU (performa 3 kali lebih baik dari RPi 3)
  • LPDDR4 SDRAM dengan varian 1GB, 2GB, atau 4GB
  • Full-throughput Gigabit Ethernet
  • Dual-band 802.11ac wireless networking
  • Bluetooth 5.0
  • Two USB 3.0 and two USB 2.0 ports
  • Dukungan dual monitor, pada resolusi hingga 4K
  • grafis VideoCore VI, mendukung OpenGL ES 3.x
  • 4Kp60 hardware decode of HEVC video
  • Kompabilitas penuh dengan produk raspberry Pi sebelumnya

Dengan semua upgrade spesifikasi di banyak lini tersebut, Raspberry Pi Foundation menjual Raspberry Pi 4 di harga mulai 35USD (525.000 Rupiah) untuk varian yang paling rendah (RAM 1GB).

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: