[Tips STM32] Mengatasi Galat: “Connect failed, check config and cable connection” pada CooCox CoIDE

stm1-520x190Seringkali saat saat proses development dan program akan diunduh menggunakan STLINK V2 melalui aplikasi CooCox CoIDE terjadi galat Error  Connect failed, check config and cable connection. Padahal tidak terjadi masalah pada koneksi antara mikrokontroler STM32 dengan STLINK V2. Driver STLINK pun telah terinstall dengan baik. Lalu apa masalahnya?

embeddednesia pernah mengalami hal yang sama saat bereksperimen dengan mikrokontroler STM32F407VET6. Error ini tidak spesifik untuk satu jenis mikrokontroler, karena ada pengguna yang juga mengeluh tentang terjadinya error ini pada mikrokontroler yang lain, STM32F10C8T6.

error-stm32a

Galat pada CooCox CoIDE

Tips yang diulas dalam tulisan ini menggunakan Mikrokontroler STM32F10C8T6 ataupun STM32F407VET6 serta STLINK V2 yang tersedia di TOKO BEY. Anda bisa mendapatkanya dengan mengakses halaman pembelian berikut.

Lalu apa yang mesti dilakukan jika menemui galat semacam ini? Pertama, pastikan driver STLINK V2 telah terinstall dengan benar dan terbaca di Device Manager, cek semua pin antara STLINK dan STM32 menggunakan ohm meter, pastikan tidak ada jumper yang terputus. Juga periksa ulang konfigurasi penempatan pin SWD antara STM32 dan STLINK V2. Jangan sampai ada yang salah.

Setelah semuanya oke, unduh aplikasi STM32 ST-Link Utility disini. Install dan Jalankan.

stm-1a

Klik Icon Connect To The target  untuk menguji koneksi. Jika berhasil maka tampilan  aplikasi akan menujukan informasi periferal STM32 yang digunakan.

stm-2a

Jika gagal, maka coba replug STLINK V2 anda dan periksa kembali koneksi keduanya. Lalu coba hubungkan ulang dengan mengklik Connect To The target. 

Setelah berhasil terhubung, maka kini anda siap mengunduh program ke mikrokontroler menggunakan aplikasi CooCox CoIDE seperti pernah diulas dalam seri tutorial Mikrokontroler STM32, namun terlebih dahulu putuskan koneksi dengan STLINK dengan mengklik icon Disconnect From The Target.

Tinggalkan Balasan