Advertisement

STM32CubeProgrammer : Programmer/Downloader MCU STM32 dengan Dukungan Konektivitas Beragam

0 68

Selama ini ada banyak cara seorang pengembang software embedded untuk mentransfer binary program mereka ke Mikrokontroler target. Ada yang menggunakan ST-LINK Utility, ST Visual Progrmmer, DFUse Device Firmware Update Tool, hingga Flash Loader. Semua software tersebut memiliki karakteristik dan dukungan konektivitas sendiri – sendiri untuk memprogram mikrokontroler, meskipun sama – sama dirilis oleh STMicrolectronics

Namun, sekitar akhir tahun lalu . ST juga merilis STM32CubeProgrammer sebagai alternatif untuk mendownload binary program ke  Mikrokontroler STM32 yang menggabungkan kemampuan semua software yang sudah ada.

  • Kelebihan

STM32CubeProgrammer dapat dijalankan di semua sistem operasi Mulai Dari Microsoft Windows, Linux, hingga Mac OS.  Pengguna juga dapat memanfaatkan fitur STM32 Trusted Package Creator yang membuat file terenkiripsi menggunakan key AES-GCM untuk mengamankan firmware mikrokontroler yang ditanamkan di lingkungan production guna melindungi hak cipta.

STM32CubeProgrammer mendukung berbagai koneksi antarmuka ke mikrokontroler, mulai dari SWD (Single-Wire Debug) atau port debugging JTAG  hingga port  bootloader (seperti UART danUSB).

Meskipun STM32CubeProgrammer memiliki kapabilitas untuk merangkum masing – masing tool yang sudah pernah ada, namun STM32CubeProgrammer memiliki kemampuan tambahan yaitu dukungan pemrograman mikrokontroler menggunakan akses port  I2C and CAN

Dengan rilisnya STM32CubeProgrammer ini,  dikabarkan akan menggantikan semua tool ST dengan fungsi serupa yang sudah ada. Dan akan menjadi satu – satunya yang didukung (diperbarui dan di-maintain) oleh STMicroelectronics. Pembaca dapat mengunduhnya di tautan ini

Adverstiment

  • Menginstal dan Menjalankan

Untuk menginstall, pengguna tinggal mengklik dua kali berdasarkan sistem operasi yang digunakan, lalu ikuti langkah – langkah petunjuk proses instalasinya hingga selesei.

Setelah STM32CubeProg selesei diinstall dan kemudian dijalankan, tampilan pertama dari aplikasi tersebut adalah ditunjukan sebagaimana gambar 2.

Adverstiment

  • Firmware Terbaru ST-LINK V2.x

Untuk dapat menggunakan STM32CubeProgrammerDevice  STLINK yang dipakai haruslah menggunakan versi yang terbaru. Jika tidak, pengguna akan menemui Error ketika mengklik button Connect. Untuk menyeleseikan masalah tersebut, pengguna diharuskan meng-upgrade-nya terlebih dahulu dengan mengklik button Firmware Upgrade

Proses upgradenya akan sama dengan yang pernah dibahas pada pembahasan lalu saat menggunakan ST-LINK Utility. 

Proses upgrade Firmware ini dapat dilakukan pada ST-LINK/v.2 resmi dari ST dan onboard dari development board Discovery dan Nucleo.

Sedangkan untuk ST-LINK/V2 generik yang biasanya banyak beredar di pasaran (sampai saat tulisan ini dibuat)  tidak dapat diupgrade langsung, Menurut beberapa referensi di Internet yang ditemukan, diperlukan trik yang cukup rumit. Pembaca dapat mencobanya sendiri di tautan ini  https://weekly-geekly.github.io/articles/442290/index.html

  • Read and Download

Jika Firmware yang digunakan merupakan versi yang paling baru. Klik  button Connect untuk mulai terhubung dengan mikrokontroler.  STM32CubeProgrammer akan membaca data mikrokontroler yang terhubung hingga nomer serial number dari ST-LINK yang digunakan.

Isi memori flash akan ditampilkan pada tab Device Memory. Perhatikan alamat awal yang terbaca adalah 0x8000 0000 yang merupakan alamat awal dari memori Flash.

- Advertisement -

Untuk dapat mendowload file hex ke mikrokontroler, pengguna tinggal mengklik Tab Open File b (nomer 1) lalu pilih File hex/bin  yang ingin didownload ke mikrokontroler. Lalu kemudian klik button Download ( nomer2 )

Untuk pengaturan download yang lebih advance , pengguna dapat menggunakan menu bar disebelah kiri (icon nomer 1) (Erasing and Programming) . Laku klik button Browse (nomer 2) untuk memilih file binary yang ingin didownload.

Opsi pada kotak merah nomer 3 dapat digunakan sesuai kebutuhan programmer. Checkbox Verify Programming dapat dicentang jika diinginkan STM32CubeProgrammer melakukan verifikasi ulang setelah mikrokontroler selesei didownload. Sedang check box Run After Programming dapat digunakan jika diinginkan program langsung dijalankan setelah selesei proses download. Jika tidak, pengguna harus secara manual menekan push button Reset terlebih dahulu pada Mikrokontroler untuk menjalankan program yang telah didownload.

 

Tekan button Start Programming , untuk memulai proses download program. Jika proses berhasil maka akan muncul pesan File Download is Complete.

 

 

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: