Advertisement

Membangun Aplikasi STM32 dengan STM32CubeMX (Bagian 1)

0 3.527

Jika anda pernah membaca ulasan embeddednesia tentang CooCox IDE yang memiliki wizard ketika anda ingin memprogram mikrokontroler STM32. Kini penulis akan mengulas sebuah tool yang memiliki fungsi serupa, bahkan lebih bagus, dengan fitur yang dimiliki CooCox IDE tersebut, yaitu wizard yang dapat menghasilkan source code boiler plate awal ketika anda akan memulai memprogram mikrokontroler STM32. Software tersebut adalah STM32CubeMX.

Website CooCox CoIDE sering mengalami down, dengan waktu yang panjang, sebagai solusi pembaca bisa membuat program mikrokontroler STM32 menggunakan Eclipse CDT, yang pernah dibahas embeddednesia : Pemrograman Mikrokontroler STM32 dengan Eclipse / GCC (Bagian 1) dan  Pemrograman Mikrokontroler STM32 dengan Eclipse / GCC (Bagian 2)

STM32CubeMX adalah perangkat serbaguna bagi setiap programmer mikrokontroler STM32 dan tool yang teramat penting terutama bagi yang baru belajar mikrokontroler STM32. Software yang tersedia secara gratis dan merupakan bagian dari STCube Initiative tersebut menyediakan seorang programmer dengan sebuah tool dan pustaka yang lengkap`untuk mempercepat pemrograman mikrokontroler STM32.

Karena begitu kompleksnya aplikasi STM32CubeMX, penulis hanya akan membuka gerbang ilmu, mengantar pembaca dengan mengulas cara instalasi, hingga menggunakan fitur dasar yang dimiliki STM32CubeMX dengan membuat program Hello World menggunakan STM32CubeMX dan Eclipse CDT yang telah terinstall plugin GNU MCU.

  • Download STM32CubeMX

STM32CubeMX, bisa diunduh dari situs resminya di sini,





Halaman STM32CubeMX

Pada Tab GET SOFTWARE. Anda akan diminta user id dan password  user ST, sebelum mendapatkan link unduhan. Setelah menginstall, jalankan aplikasi dan anda akan mendapatkan tampilan STM32CubeMX seperti berikut.

Pada saat tulisan ini dibuat, penulis menggunakan versi 4.24.0, versi yang anda gunakan bisa jadi berbeda, pembaca bisa melihatnya di bagian Help > About untuk mengetahui versi STM32CubeMX yang sedang digunakan. Untuk melakukan update versi dengan yang terbaru yang sudah dirilis oleh ST, gunakan menu Help > Check for Updates





  • Project Baru

Untuk memulai project, klik New Project, di tampilan depan aplikasi. Setelah itu, anda akan dihadapkan pada kotak dialog yang berisi dari deretan jenis mikrokontroler keluarga STM32. Dalam tulisan kali ini, digunakan mikrokontroler STM32F103C8T6 yang minimum systemnya dapat dibeli di TOKO BEY.

Jenis mikrokontroler langsung bisa diketikkan di kolom part number search di bagian kiri atas dengan keyword STM32F103C8,

pada panel list mikrokontroler, klik dua kali field hasil pencarian yang ditemukan (STM32F103C8Tx) atau klik button Start Project.  Jendela dialog MCU View akan muncul, berisi konfigurasi mikrokotroler STM32F103C8Tx yang baru dipilih.





Mikrokontroler View

Dalam konfigurasi ini, tujuan pertama adalah mengaktifkan pin GPIOC 13 sebagai port Output, agar bisa digunakan oleh LED tester yang ada pada minimum system blue pill yang sedang digunakan, caranya, klik kaki PC13 mikrokontroler sehingga tampil check list pilihan fungsi dari pin tersebut, check GPIO_Output.

Set PC13 sebagai GPIO_Output

Pengaturan fitur Debug pada mikrokontroler dapat diatur di SYS, pilih Debug Serial Wire pada dropdown

Set Debug

 

  • Generate Source Code

Guna mengenerate source code dari konfigurasi project yang dibuat, pilih menu Project > Generate Code, pada jendela  dialog Project Settings isikan Project Name dengan nama project sesuai keinginan pembaca. Yang perlu diperhatikan, gunakan Toolchain/IDE SW4STM32  kemudian klik OK dan tunggu beberapa saat hingga CubeMX selesei me-generate code

  • Struktur Code STM32CubeMX

Perhatikan hasil code dari STM32CubeMX dapat diilustrasikan dengan diagram sebagai berikut

Sub direktori CMSIS terdiri dari beberapa komponen, salah satunya adalah CMSIS-CORE yang merupakan implementasi dari sistem runtime dasar untuk perangkat Cortex – M serta memberikan akses ke inti prosesor dan perangkat periferal.

Baca juga tulisan tentang #Tutorial Mikrokontroler STM32 atau tulisan menarik lainnya di kategori Mikrokontroler  ARM 32 bit

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar anda diproses.

%d blogger menyukai ini: