Tutorial Elektronika Embedded dan Pemrograman Sampai Mahir

Pemrograman C/C++ di Linux Ubuntu : Hello Universe

0 35

Dalam tulisan sebelumnya, dibahas mengenai bagaimana mempersiapkan environment dan perangkat untuk memulai pemrograman C++ di sistem operasi linux Ubuntu. Kini saatnya memulai membuat program pertama.

Pastikan semuanya tool tersebut telah siap sebelum membaca tulisan ini, mulai dari gcc/g++, gdb, hingga code editor yang akan digunakan.

  • Menulis program

Jalankan code editor lalu buat file dengan nama hello_universe.cpp. seperti berikut

  • Penjelasan Program

Aplikasi sederhana tersebut hanya akan mencetak pada layar tulisan “Hello Ubuntu Linux”. #include <iostream> pada baris 1 adalah file header untuk fungsi input dan output, seperti mengambil masukan dari keyboard atau mencetak pesan ke layar.

Baris 3 adalah using namespace std. namespace adalah fitur istimewa di dalam bahasa pemrograman C++ untuk mengelompokkan suatu set entitas. namespace std digunakan untuk pustaka iostream. Ketika using namespace std dideklarasikan, programmer bisa menggunakan semua fungsi atau entitas lain yag berada di dalam namespace std seperti fungsi cout( dilafalkan sebagai see out) dan cin (dilafalkan sebagai see in). Jika baris 3 tersebut tidak ada, maka programmer harus menambahkan std:: untuk mengakses fungsi yang berada di dalam namespace, seperti std::cout untuk mencetak pesan ke layar.





Di dalam fungsi utama (main function), cout<< "Hello Ubuntu Linux" << endl; akan mencetak sebuah pesan string ke layar. endl berarti endline, atau akhir baris, sehingga setelah pesan tercetak, aplikasi akan menambahkan satu baris ke bawah.

  • Compile

Buka aplikasi terminal, lalu jalankan perintah berikut, pastikan sebelumnya path pada terminal berada pada satu direktori dengan file cpp yang akan di-compile. Misalkan source code berada pada direktori /learning.cpp maka sebelumnya harus dilakukan change directory cd /larning.cpp

Tips : gunakan shortcut ctrl + alt + T untuk shortcut membuka terminal baru
Tips : gunakan perintah pwd untuk mengetahui terminal sedang di posisi direktori yang mana
g++ hello_universe.cpp

compile g++ akan mengecek source program yang telah ditulis, dan jika tidak ada error maka akan membuat file a.out.  Setelah proses compile selesei, eksekusi file biner hasil kompilasi a.out dengan command berikut

./a.out
Hello Ubuntu Linux

g++ juga memiliki opsi untuk me-compile source code menjadi binary sekaligus memberikan nama file, sesuai keinginan programmer (bukan a.out lagi)





g++ hello_universe.cpp -o hello_universe

Perintah tersebut sama dengan perintah sebelumnya, bedanya hanya pada file binary yang dihasilkan bukan lagi a.out tetapi hello_universe. Sehingga untuk mengeksekusi program digunakan perintah  ./ hello_universe pada terminal

./ hello_universe
Hello Ubuntu Linux

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: